Selasa, 13 April 2021 |
Pariwisata

Yuk Temukan Bangkai Pesawat Perang Dunia di Pulai Togean

Jumat, 07 Apr 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 1330 Pengunjung

keindahan pulau togean.*

[NEWSmedia] - Menyelam di Pulau Togean yang diakui sebagai zona segitiga karang terbaik dunia, Anda bisa menemukan misteri dari masa lalu. Di tengah perairan nya, ada bekas pesawat B-24 Bomber American Squadron, yang merupakan bagian dari sejarah Perang Dunia 2 di Indonesia.

Berada di kedalaman 16-21 meter, Anda bisa menemukan spot unik ini di Togean. Perlu diketahui, pesawat ini adalah salah satu dari 307 skuadron bom Amerika, yang jatuh di laut pada 3 Mei 1945 ketika kembali dari misi mereka di Morotai. Pesawat itu membawa 11 orang termasuk awak pesawat dan semuanya berhasil keluar dari pesawat dengan aman.

Panjang pesawat yang jatuh ini mencapai 17 meter dengan lebar 22 meter. Saat ini, pesawat tersebut masih dalam kondisi yang cukup baik, dengan baling-baling di sayap kanan yang masih utuh. Demikian juga dengan senjata turet di belakang dan kursi pilot dengan co-pilot.

Dikutip dari berbagai sumber, bangkai pesawat ini adalah rumah bagi jutaan ikan warna-warni, dengan antheas yang membentuk tirai emas dan lionfish yang mengintai di sepanjang dan di bawah sayap, sementara ikan Gruper dan belut moray bersarang di dalamnya. Selain itu juga banyak organisme cantik berwarna-warni seperti sponge dan tunikata yang sekarang menghiasi badan bangkai pesawat. [okz]

 

 

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Yuk Temukan Bangkai Pesawat Perang Dunia di Pulai Togean
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top