Sabtu, 08 Mei 2021 |
Pariwisata

Yuk Mengenang Pahlawan, Musuem Sumpah Pemuda Menyimpan Banyak Sejarah

Jumat, 28 Okt 2016 | 17:03 WIB Dibaca: 1299 Pengunjung

Ruang Kepanduan di Museum Sumpah Pemuda .*

[NEWSmedia] - Museum Sumpah Pemuda masih menyimpan barang-barang peninggalan organisasi Kepanduan yang juga menjadi saksi sejarah Sumpah Pemuda yang dilaksanakan 28 Oktober 1928. 

Sekarang kepanduan sudah berubah nama menjadi Pramuka. Dan, dengan melihat adanya benda-benda kepanduan seperti seragam, kotak Pk3, pisau, catatan, dan ikat pinggang di dalam museum, menggambarkan perjuangan organisasi kepanduan di Indonesia saat itu. 

Saat tahun 1920-an, kepanduan sudah harus disebarkan di seluruh negara oleh sang pengagas Baden Poweel, lalu masuklah kepanduan itu ke Belanda, dan di sana pada masa itu. Kepanduan dinamakan sebagai Padvinder, sementara di Indonesia istilahnya dikenal sebagai NIPV (Netherland Indische Padvinder Vereniging), di mana kepanduan hanya untuk anak Belanda saja.

Dan Belanda tidak mengizinkan adanya organisasi kepanduan di luar NIPV kala itu. Namun, para pemuda saat itu akhirnya sadat manfaat kepanduan sehingga berani membentuk organisasi kepanduan di Indonesia, dengan JPO (Javananse Padvinders Organizatie); JPP (Jong Java Padvinderij), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvinderij), dan masih banyak lagi.

Dikarenakan beratnya perjuangan pemuda Indonesia untuk mempertahankan kepanduan. Maka di rapat terakhir Sumpah Pemuda, kepanduan menjadi materi pembahasan rapat yang dilakukan selama dua hari ini.

"Saat itu pokok permasalahan adalah pendidikan dan kepanduan, " jelas Bakti Arie sebagai pemandu wisata Museum Sumpah Pemuda

Dalam rapat itu juga hadir, tokoh-tokoh kepanduan, salah satunya Dr. Muwardi perwakilan dari Javananse Padvinders Organizatie. Sosok yang dikenal sebagai dokter miskin ini menjadi awal kebangkitan kepanduan di Tanah Air.

"Oleh karena itu, kami mengangkat peninggalan kepanduan di sini, karena menjadi bagian sejarah yang penting," tukasnya.

Kini, ruangan kepanduan itu sudah memiliki patung seorang wanita sedang memakai busana pramuka, dan sedang melakukan gerakan hormat yang mengahadap ke koleksi.[05]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Yuk Mengenang Pahlawan, Musuem Sumpah Pemuda Menyimpan Banyak Sejarah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top