Minggu, 17 Januari 2021 |
Pariwisata - News Gallery

Yuk Liburan ke Banyuwangi, Ada 4 Festival Digelar Bulan Ini

Jumat, 09 Feb 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 752 Pengunjung

Pesona kawah ijen.*

[NEWSmedia] -  Terkenal dengan keindahan Kawah Ijennya, membuat Kabupaten Banyuwangi yang ada di Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata incaran bagi wisatawan. Namun tidak hanya itu saja, masih ada beberapa wisata alam, budaya hingga kuliner lainnya yang menarik untuk Anda jelajahi.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Banyuwangi pada bulan ini, sebaiknya Anda jangan sampai kelewatan untuk menikmati delapan agenda pariwisata. Wisatawan dapat mengakses informasi mengenai jadwal festival melalui aplikasi Bfest.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui PlayStore. Di dalamnya terdapat jadwal beserta deskripsi yang komplit. Berikut ini daftar lengkapnya, dilansir dari situs resmi Kabupaten Banyuwangi.

1. Festival Tahu dan Tempe

Kegiatan yang berlangsung pada 9 hingga 13 Februari ini merupakan pameran tempe dan tahu yang diselenggarakan di kawasan Kalilo Kelurahan Pengantungan. Setelah festival, setiap sore akan ada pasar yang menjual bahan baku dari tempe dan tahu, sehingga siapa pun bisa membelinya.

2. Festival Lider Adventure Festival atau Festival Susur Sungai

Bagi para pecinta alam dan pecinta wisata olahraga ekstrem tidak boleh melewatkan kegiatan yang akan digelar pada 10 hingga 11 Februari ini. Sebab, olahraga ini menantang arus air menyusuri sungai menuju air terjun Lider, yang ketinggiannya 60 meter dari permukaan laut. 

3. Festival Angklung Caruk

Angklung menjadi salah satu alat musik yang terbuat dari bambu dengan ukuran yang berbeda untuk menghasilkan tangga nada yang berbeda pula. Sedangkan untuk caruk artinya bertemu. Nantinya festival angklung caruk yang beranggotakan 12-25 orang beradu kreativitas dengan kelompok lainnya. Keduanya saling beradu tebak gendhing dan kepandaian memainkan alat musik berlaras pelog dengan iringan sejumlah tembang Banyuwangian.

4. Drumband Ethnic Festival dan Banyuwangi Culture Everyday

Dalam event ini tampil sebagai peserta adalah satu grup drum band. Para peserta ini terdiri atas beberapa tingkatan. Di antaranya peserta tingkat TK sebanyak 12 drum band. Sedangkan peserta lainnya adalah tingkat SD 20 band, SMP 4 band, dan SMA 4 band, serta didukung dari umum 1 drum band.

Pergelaran Festival Drum Band Ethnic Banyuwangi yang digelar pada 24 Februari 2018 ini akan mengambil start di depan Kantor Pemkab Banyuwangi dengan finish di Taman (RTH) Blambangan Banyuwangi.

Selain itu pada hari yang sama akan digelar Festival Banyuwangi Culture Everyday. Festival ini berisi atraksi kesenian yang digelar setiap malam untuk dinikmati oleh para wisatawan. Festival ini dilakukan sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya Banyuwangi. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Yuk Liburan ke Banyuwangi, Ada 4 Festival Digelar Bulan Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top