Jumat, 04 Desember 2020 |
Pariwisata

Yuk Jelajahi Kisah Unik di Balik Jembatan Lampengan Cianjur

Minggu, 15 Jan 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 1203 Pengunjung

Jembatan Lampegan, Cianjur.*

[NEWSmedia] - Belanda banyak meninggalkan bangunan bersejarah dan juga misteri. Salah satunya terowongan Lampegan yang berada di Cianjur, Jawa Barat.

Terowongan ini merupakan terowongan pertama di Jawa Barat yang didirikan di Desa Cibokor, Jawa Barat, dari tahun 1879-1882. Nama Lampegan sendiri konon berasal dari perpaduan bahasa Inggris dan Indonesia.

Saat itu, Mandor Belanda yang sedang mengawasi pribumi untuk bekerja membuat terowongan mengingatkan pekerja untuk membawa lampu dengan frasa "Lamp Pegang", lampu itu berguna menjaga keselamatan pekerjanya. Begitulah awal mula kata Lampegan berasal.
Selain itu, terowongan kereta api ini didirikan oleh sebuah perusahaan kereta api di zaman Belanda, bernama Staats Spoorwegen. Di mana kereta dibuat untuk menghubungkan Batavia ke Bandung lewat Sukabumi.

Terowongan ini juga menjadi terowongan tertua di Indonesia yang memiliki panjang 400 meter. Hingga saat ini terowongan dipelihara dan juga masih aktif, bahkan banyak juga wisatawan yang berani berfoto di sini saat sepi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Yuk Jelajahi Kisah Unik di Balik Jembatan Lampengan Cianjur
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top