Senin, 30 Maret 2020 |
Pariwisata

Yuk Datang ke Kota Pusaka di Pasuruan

Sabtu, 04 Feb 2017 | 17:12 WIB Dibaca: 1124 Pengunjung

Kota Pusaka di Pasuruan.*

[NEWSmedia] - Setelah ditetapkan sebagai Kota Pusaka, Pemkot Pasuruan mulai berbenah diri. Sejumlah icon bangunan yang menjadi simbol kota tua di beberapa kawasan akan difungsikan dan dioptimalkan kembali. 

Beberapa bangunan kuno di antara Gedung Harmoni, Gedung Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) yang dibangun pada zaman pemerintahan Belanda akan dibuka untuk umum. Masyarakat yang selama ini hanya mengenal luarnya saja, bisa mengenal lebih jauh.

Wali Kota Pasuruan, Setiyono, mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mendukung pengembangan Kota Pusaka. Para pengelola P3GI, pelabuhan rakyat dan Gedung Harmoni yang sekarang digunakan sebagai SMK Untung Suropati telah diajak berkomunikasi.

"Pengelola P3GI sangat mendukung untuk digunakan sebagai wisata edukatif dan wisata agro. Demikian pula dengan pabrik baja, PT Boma yang masih menyimpan mesin-mesin kuno peninggalan Belanda. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk pengenalan dan pembelajaran masyarakat," kata Wali Kota Pasuruan, Setiyono.

Menurut Setiyono, pengembangan Kota Pusaka ini akan dipusatkan pada dua ruas jalan Balai Kota Pasuruan hingga Jalan Pahlawan yang banyak berdiri gedung-gedung bersejarah. Berbagai kegiatan masyarakat yang selama ini bertempat di kompleks GOR akan dipindahkan dikawasan Kota Pusaka.

"Sarana dan prasarana untuk mendukung Kota Pusaka sedang kami persiapkan. Sehingga masyarakat akan merasa nyaman saat berada di kawasan yang dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata tersebut," tugas Setiyono.

Sekretaris Kota Pasuruan, Bahrul Ulum, menambahkan, saat ini sebanyak 20 bangunan bersejarah telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya yang harus dilindungi. Puluhan bangunan bersejarah lainnya telah diajukan untuk dilakukan verifikasi sebagai pendukung wisata Kota Pusaka.

"Bangunan bersejarah yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya sebanyak 20 unit. Saat ini kami mengajukan lagi sekitar 80 unit bangunan untuk dilakukan verifikasi lembaga kepurbakalaan di Trowulan. Bangunan yang lolos verifikasi ini akan menjadi pendukung pengembangan Kota Pusaka," kata Bahrul.[okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Jumat, 17 Jan 2020 | 18:15 WIB
Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Situs Banten Girang Perlu Perhatian
Kamis, 26 Des 2019 | 17:21 WIB
Situs Banten Girang Perlu Perhatian

KOMENTAR

Yuk Datang ke Kota Pusaka di Pasuruan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top