Senin, 10 Mei 2021 |
Kuliner

Yuk Coba Kuliner Istimewa Khas Jambi

Selasa, 06 Des 2016 | 10:04 WIB Dibaca: 1736 Pengunjung

Gulai Tepek Ikan.*

JAMBI, [NEWSmedia] - Indonesia dikenal dengan kekayaan kulinernya yang beragam. Setiap daerah bahkan memiliki karakter masakan yang  menandakan kekhasan daerah mereka masing-masing. Salah satunya Jambi, kota yang masih serumpun dengan kota Padang ini memiliki cita rasa masakan khas bangsa melayu. Mulai dari penggunaan bumbu yang beragam hingga jenis masakannya yang hampir didominasi dengan rasa gurih dan pedas.


Berikut makanan khas Jambi yang wajib dicoba dan dijamin akan membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Gulai Tepek Ikan
Gulai tepek ikan berbahan dasar ikan gabus atau bisa juga ikan tenggiri.Tepek ikan menyerupai empek-empek yang ikannya diolah menggunakan sagu uleni. Bedanya, kuah tepek ikan tidak terbuat dari cuka melainkan santan yang dimasak gulai. Gulai tepek ikan mengeluarkan cita rasa asam sekaligus segar karena kuah gulainya dicampurkan dengan irisan nanas. Uniknya, gulai ini biasanya hanya muncul pada saat momen-momen penting saja seperti pernikahan, kenduri, ataupun acara adat.

Nasi Gemuk
Nasi gemuk merupakan nasi yang diolah dengan menggunakan bahan dan bumbu seperti santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk, sehingga nasi mengeluarkan rasa gurih saat dimakan. Di daerah lain ada menu yang menyerupai nasi gemuk ini seperti nasi lemak di Malaysia, nasi uduk di Jakarta dan nasi tumpeng di yang populer di tanah Jawa. Nasi gemuk biasa disajikan dengan berbagai lauk yaitu telur rebus, campuran teri dan kacang tanah goreng, bawang goreng, kerupuk kanji dan sambel terasi atau bisa juga ditambahkan dengan daging ayam.

Tempoyak
Tempoyak merupakan masakan berbahan dasar durian. Bagi yang belum pernah mencobanya, masakan ini mungkin akan terasa sedikit asing apalagi jika harus dinikmati sebagai lauk dan menyantapnya dengan nasi. Selain di Jambi, sebenarnya tempoyak juga dapat ditemukan di beberapa daerah lain seperti Bengkulu, Lampung dan Palembang hingga Kalimantan, namun tentu masing-masing daerah memiliki karakter yang berbeda.

Tempoyak khas Jambi ini diolah dengan menggunakan ikan patin dan kemudian dimasak menggunakan bumbu dapur diantaranya lengkuas, jahe dan kunyit. Tempoyak memiliki rasa asam sekaligus manis saat disantap. Asam karena durian sebelumnya telah difermentasi dan manis karena pengaruh rasa asli durian.

Kue Srikaya
Meskipun bernama srikaya, camilan khas Jambi satu ini tidaklah menggunakan srikaya sebagai bahan utama melainkan tape. Tape diolah dengan santan, gula pasir dan telur. Sementara, warna hijau pada srikaya berasal dari pewarna alami yaitu daun pandan. Selain sebagai pewarna, daun pandan membuat aroma srikaya menjadi wangi dan menggugah selera. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Rabu, 10 Jun 2020 | 13:04 WIB
5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa
Minggu, 07 Jun 2020 | 13:40 WIB
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa

KOMENTAR

Yuk Coba Kuliner Istimewa Khas Jambi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top