Selasa, 13 April 2021 |
Kuliner

Yuk Buat Bekal Kreasi Sushi Ala Restoran di Rumah

Senin, 05 Des 2016 | 10:05 WIB Dibaca: 2310 Pengunjung

Cara membuat sushi di rumah

[NEWSmedia] - Membuat sushi ternyata tidak sesulit yang orang bayangkan. Anda juga bisa membuat makanan khas Jepang ini di dapur rumah.

Menurut seorang chef di sebuah hotel ternama di Jakarta, membuat sushi tidak harus memiliki keahlian khusus. Yang terpenting adalah mengetahui cara yang tepat saat mengolahnya.

"Sekarang sudah banyak toko-toko yang menjual sushi rice. Kalau tidak sempat membelinya, beras biasa juga bisa digunakan kok," tutur Eggie Chandra.

Lebih lanjut ia menambahkan, agar tekstur nasi mudah dibentuk (pulen), ternyata ada cara khusus yang dapat Anda lakukan. "Usahakan memasak nasi dengan takaran 1 kg beras direbus dengan 1,2 liter air. Kurun waktu perebusannya sekitar 40 menit," tambahnya.

Sedangkan untuk isiannya Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana seperti mentimun, crabstick imitasi, telur dadar, hingga acar lobak.

"Kalau isiannya sudah tersedia, Anda bisa mulai membentuk sushi dengan menggunakan maki (alat untuk menggulung sushi). Alat ini fungsinya agar tekstur nasi sempurna. Sedangkan bumbu tambahannya, sekarang sudah banyak yang menjual bubuk wasabi dan soyu, tinggalkan campurkan saja air secukupnya lalu sajikan dengan sushi Anda," pungkasnya.

Berikut resep membuat sushi di rumah:

Bahan-bahan
    
4 porsi
100 gram Beras pulen
50 gram Beras Ketan
4 lembar Nori
secukupnya Cuka
2 sendok makan Gula Pasir
1 sendok teh Garam
3 sendok makan Air
4 buah Sosis Sapi
8 buah Kentang
4 buah Nugget
3 butir Telur Ayam
1 buah Wortel


Cara Membuat

1. Siapkan bahan isi, rebus wortel sampe matang , dadar telur jadi 3-4 buah.goreng nugget ,kentang dan sosis, disini saya gunakan nugget oval,krn cuma itu yang ada didapur ada baik nya nugget bentuk stik.

2.aron nasi sebentar setelah itu kukus sampe matang, tambahkan campuran gula ,cuka dan garam yang telah dilarutkan dengan 3 sdm air tambahkan kedalam nasi yang dikukus tadi, cicipi agar rasa asam manis dan asin terasa.setelah matang angkat sisihkan

3.Ambil 1 lembar nori atur nasi panas diatasnya kurang lebih setebal 1/2 cm usahakan jangan menutup nori keseluruhan sisa kan nori di sisi atas bawah tidak isi nasi agar saat menggulung nori dapat terekat dengan baik

4.atur dadar telur diatas nasi Kemudian susun isi dipinggir nasi yang telah ditata di nori mulailah menggulung sushi dengan perlahan sambil dipadatkan. oya alasi dengan plastik dibawah nori agar lebih gampang digulung, tidak harus dengan bambu yg biasa digunakan untuk mengulung sushi

5.sushi sederhana siap dipotong dan disantap bersama keluarga [rsp]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Rabu, 10 Jun 2020 | 13:04 WIB
5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa
Minggu, 07 Jun 2020 | 13:40 WIB
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa

KOMENTAR

Yuk Buat Bekal Kreasi Sushi Ala Restoran di Rumah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top