Sabtu, 30 Mei 2020 |
Pariwisata

Wow, Jangan Kedip Sepanjang Perjalanan ke Sumbawa

Kamis, 03 Nov 2016 | 17:15 WIB Dibaca: 1025 Pengunjung

Pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan ke Sumbawa .*

SUMBAWA, [NEWSmedia] - Perjalanan menuju Pulau Sumbawa menawarkan pemandangan yang tak disangka. Mata seakan enggan berkedip melihat panorama anugerah Sang Pencipta. Indah banget! 

Keindahan alam provinsi Nusa Tenggara Barat tidak hanya ada di Pulau Lombok saja. Coba tengok ke Pulau Sumbawa, tak kalah mempesonanya. Laut yang menghasilkan ikan, dan tanah yang dapat ditambang benar-benar anugerah Sang Pencipta.

Mengawali perjalanan ke Pulau Sumbawa harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk mencapai Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Perjalanan kedua akan ditempuh menggunakan kapal dengan waktu tempuh selama 1,5-2 jam.

Pulau Kenawa yang tak jauh dari pelabuhan Poto Tano, Sumbawa akan menyambut anda ketika pertama kali memasuki pulau yang dikenal dengan nama lain Samawa ini. Hanya butuh waktu 15 menit untuk menyebrang ke pulau tak bertuan, gersang ketika kemarau dan hijau ketika musim penghujan. 

Hiruk pikuk dunia pariwisata di Pulau Sumbawa memang masih terasa sepi. detikTravel berkesempatan mengunjungi pulau ini beberapa kali dalam rentang 2 bulan yang lalu dari Agustus sampai September.

"NTB ini, kata orang orang adalah serpihan Surga yang tercecer ke bumi. Ada pantai, gunung, dan padang savanna juga ada," ujar salah satu pegawai pemerintahan NTB, Dadang Ismana (26) saat perjalanan menuju ke Bima.

"Kalau ini namanya Teluk Saleh. Banyak ikannya di sini," imbuh dia.

Hanya truk-truk ekspedisi dan bus besar saja yang melewati jalan trans Sumbawa ini. Ada pun motor dan mobil hanya di beberapa bagian yang terdapat desa dan pemukiman.

Sepanjang perjalanan ketika menuju ke Bima, pemandangannya berupa pantai. Di beberapa bagian anda akan melihat lahan kering berupa savana. Ada pula jalan yang menembus hutan.

Jalan Trans Sumbawa memiliki panjang kurang lebih 300 kilometer, hingga saat ini masih dalam kondisi bagus. Perjalanan panjag pun akan terasa singkat melihat keanekaragaman pantai, lahan tandus dan berhawa panas ini.[05]

Penulis: Dtc
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Jumat, 17 Jan 2020 | 18:15 WIB
Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Situs Banten Girang Perlu Perhatian
Kamis, 26 Des 2019 | 17:21 WIB
Situs Banten Girang Perlu Perhatian

KOMENTAR

Wow, Jangan Kedip Sepanjang Perjalanan ke Sumbawa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top