Jumat, 23 Agustus 2019 |
Pariwisata

Wow! Bojonegoro Punya Sumber Api yang Tak Pernah Padam

Rabu, 12 Apr 2017 | 16:00 WIB Dibaca: 5086 Pengunjung

Kayangan Api, Bojonegoro.*

[NEWSmedia] - Destinasi wisata di Bojonegoro, Jawa Timur memang masih jarang terdengar oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. Namun daerah yang dikelilingi hutan tersebut punya fenomena ajaib dinamakan Kayangan Api.

Sesuai dengan namanya, Kayangan Api ini sebuah situs yang menyemburkan api tiada henti bahkan ketika hujan turun sekalipun. Ini merupakan sebuah fenomena alam luar biasa, dan juga unik di Indonesia.

Api yang disemburkan tersebut berdasarkan disebabkan karena tingginya gas bumi di bawah tanah, sehingga api kecil tersebut menyembur tanpa henti. Keajaiban tersebut pun, dinilai merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara lho.

Namun, bagi masyarakat sekitar, Kayangan Api ini dipercaya dijadikan tempat disemayamkan Mbah Kriyo Kusumo dari zaman Majapahit. Semasa hidup, api tersebut dijadikan tempat untuk membuat alat-alat pertanian, dan juga benda-benda mistis seperti keris.

Sumber api tersebut juga diyakini sangat kramat, dulunya masyarakat tidak berani mengambil api ketika ada upacara penting seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengkubuwana X yang terjadi di masa itu. Hingga kini pun, penduduk lokal masih menghargai mitos tersebut.

Tak hanya itu, setiap hari Jumat banyak pengunjung datang ke sana meminta rezeki, dan berdoa di sumber api tersebut. Sebab, mitosnya doa akan terkabul ketika berdoa di sana.

Nah, untuk menuju lokasi wisata kayangan api ini Anda bisa berjalan ke arah Selatan Bojonegoro dengan jarak 15 km, kemudian lanjutkan ke pasar Kecamatan Dander, Anda pun tinggal mengikuti petunjuk untuk menuju lokasi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Wow! Bojonegoro Punya Sumber Api yang Tak Pernah Padam
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top