Minggu, 11 April 2021 |
Tekno

Wow, Ada Robot 'Atlet' yang Bisa Melompat Setinggi 1 Meter

Rabu, 01 Mar 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 1001 Pengunjung

handle robot atlet.*

[NEWSmedia] - Boston Dynamics, perusahaan robot berbasis Massachusetts, Amerika Serikat (AS), mengembangkan sebuah robot yang memiliki kemampuan gesit dan tangguh, layaknya seorang atlet.

Dikatakan demikian karena Handle, nama robot tersebut, mampu melompat setinggi 1,2 meter, mengangkat beban seberat 45 kilogram, dan meluncur dengan menggunakan 2 roda.

Seperti dilansir dari The Next Web, Selasa (28/2/2017), robot yang tingginya mencapai hampir 2 meter ini dapat meluncur dengan 2 roda dengan kecepatan 9 mil per jam. Itu pun sambil membawa beban seberat 45 kilogram, dan melompat setinggi 1,2 meter. 

Jika dibandingkan dengan kemampuan rata-rata, manusia dapat berlari sejauh 15 mil per jam. Jika melebihi itu, kecepatannya akan menurun sehingga mereka mulai memperlambat larinya.

Berbeda dengan Handle, robot gesit ini dapat melakukan itu dalam kondisi tenaga penuh. Pada video di bawah ini, Anda dapat melihat sendiri kemampuan Handle yang dapat melompati meja hingga berputar 360 derajat dengan mulus.

Tak tanggung-tanggung, robot Handle juga mampu menguasai medan yang sulit, jalanan bersalju hingga es sekalipun.

 

Sayangnya, tak seperti Atlas, robot lain buatan Boston Dynamics, desain Handle lebih sangat sederhana. Mesin robot ini juga hanya dibekali dengan 10 komponen motor. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Wow, Ada Robot 'Atlet' yang Bisa Melompat Setinggi 1 Meter
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top