Rabu, 05 Agustus 2020 |
News Room - Internasional

WNI di Wuhan Sudah Dapat Bantuan Dana

Jumat, 31 Jan 2020 | 15:58 WIB Dibaca: 606 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah menyalurkan dana kepada 243 WNI yang terisolasi di lokasi terdampak virus korona di China, seperti di Kota Wuhan, Xianing, Huangshi, Jingzhou, Xianyang, Enshi, dan Shiyan.

"KBRI memberikan bantuan keuangan sekitar Rp133.280.000 agar bisa segera diterima oleh mahasiswa, Jadi bukan hanya Wuhan, tapi distribusi juga ke seluruh WNI yang berada di daerah karantina," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha, seperti dikutip dari BBC News Indonesia, Jumat (31/1/2020).

Terdapat 243 WNI yang tersebar di 15 titik karantina di China. Uang tersebut, kata Judha, diberikan ke Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) untuk membeli bahan makanan dan minuman.

Para mahasiswa, seperti Khoirul dan Yuliannova, yang mendapat bantuan mengatakan dana tersebut hanya cukup memenuhi kebutuhan hidup selama satu minggu ke depan.

Hal yang mereka harapkan dari Pemerintah Indonesia adalah untuk segera mengevakuasi dari China.

Siapa Saja yang Dievakuasi?

Sebanyak 200 warga negara Jepang sudah diterbangkan dari Wuhan dan mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, pada Rabu 29 Januari 2020.

Sekira 650 lainnya mengatakan ingin juga dipulangkan dan Pemerintah Jepang mengaku sedang merencanakan penerbangan tambahan.

Masih pada Rabu 29 Januari 2020, para karyawan Konsulat AS serta sejumlah warga AS meninggalkan Wuhan. Mereka mungkin harus menetap sementara di sebuah hanggar bandara secara terisolasi selama dua pekan.

Kemudian Australia berencana memulangkan warganya dari Wuhan. Namun, sebagaimana dipaparkan Perdana Menteri Scott Morrison, orang-orang tersebut akan dikarantina selama dua pekan di Pulau Christmas, sekira 2.000 kilometer dari daratan utama.

Lalu Kementerian Luar Negeri Inggris juga sedang menyiapkan rencana mengevakuasi sebanyak 200 warganya dari Wuhan.

Secara terpisah, dua pesawat untuk menerbangkan warga negara-negara anggota Uni Eropa telah dijadwalkan. Menurut rencana, sebanyak 250 warga negara Prancis akan menumpang pesawat pertama.

Pihak Korea Selatan juga mengatakan 700 warganya akan terbang menggunakan empat pesawat pekan ini. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

WNI di Wuhan Sudah Dapat Bantuan Dana

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top