Rabu, 21 Agustus 2019 |
News Room - Peristiwa

Wisata Religi Syekh Nawawi Al-Bantani Mulai Digagas

Rabu, 29 Mei 2019 | 17:34 WIB Dibaca: 223 Pengunjung

Bupati Serang Ratu Ratu Chasanah bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya setelah rapat bersama di Pendopo Bupati Serang, Rabu (29/5/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mulai menggagas wisata religi Syekh Nawawi Al-Bantani di Kabupaten Serang.

Menurutnya, keilmuan serta nama besar Syekh yang berasal Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang itu dinilai perlu dilestarikan oleh pemerintah, termasuk potensi pengembangan wisata religinya.

“Kami menggagas Kawasan Wisata Religi Syekh Nawawi Al-Bantani yang terintegrasi dan terkoneksi ke Kawasan Banten Lama atau eks Kesultanan Banten,” kata Tatu setelah Rapat Bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya di Aula Tb Suwandi, Serang, Rabu (29/5/2019).

Tatu mengungkapkan, integrasi wisata religi tersebut antara lain, pembangunan Pusat Kajian Kitab Kuning Syech Nawawi Albantani, Wisata Air Syekh Nawawi Albantani (revitalisasi Kali Mati), Makom Sultan Ageng Tirtayasa, Makom Syekh Nawawi Albantani, Kawasan Terpadu Pesantren Modern, Kawasan Ziarah Tanara, hingga Kuliner Halal. 

“Kecamatan Tanara adalah mata air kitab kuning, karya Syekh Nawawi Albantani, kami harus kembangkan dan lestarikan. Kemudian integrasi kawasan wisata religi ini terkoneksi ke kawasan eks Kesultanan Banten atau Masjid Agung Banten Lama di Kota Serang,” ujarnya. 

Tatu menambahkan, Kawasan Wisata Religi Syekh Nawawi Albantani yang meliputi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tanara, Tirtayasa, dan Pontang mendapat dukungan dari cawapres terpilih, Ma'ruf Amin.

“Pengembangan kawasan wisata religi ini tidak lepas dari dukungan serta support dari KH. Ma’ruf Amin yang merupakan cicit Syekh Nawawi Albantani,” ungkap Tatu. 

Didukung Menteri Pariwisata

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, pihaknya menyatakan siap mendukung dan bersama Pemkab Serang mewujudkan kawasan wisata religi Syekh Nawawi Albantani.

“Wisata religi Syekh Nawawi Albantani ini harus kita wujudkan. Kita urunan, antara Kementerian Pariwisata, Kementerian PUPR, dan Pemkab Serang. Nanti masing-masing dibahas berbuat apa,” kata Arief.

Arief menargerkan tiga hal yang harus diselesaikan tahun ini. Yakni, pembuatan masterplan, pengembangan wisata religi, dan pengembangan wisata sungai di Kalimati.

"Tiga-tiganya paralel kita lakukan, termasuk Kalimati, potensi wisata religi di Kabupaten Serang sudah ada, tinggal dikembangkan saja,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wisata Religi Syekh Nawawi Al-Bantani Mulai Digagas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top