Senin, 16 Juli 2018 |
Pariwisata

Wisata Mistis ke Situ Citayam dan Tanjakan Keramat Citayam

Senin, 31 Okt 2016 | 17:02 WIB Dibaca: 4017 Pengunjung

Situ citayam.*

[NEWSmedia] - Warga Citayam pasti mengetahui lokasi Tanjakan Keramat. Wilayah ini menjadi nama jalan di Desa Raga Jaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor. Tanjakan Keramat memiliki cerita misteri.

Pesan dari para sesepuh jika melintasi Tanjakan Keramat agar membunyikan klakson mobil atau sepeda motor. Bisa juga mengucapkan salam saat melintas. Di sebelah selatan Tanjakan Keramat ada sebuah pohon asam yang berdiri tegak besar yang juga tidak bisa dipotong dan ditebang.

Di sebelah utara ada sumber mata air yang tidak pernah surut walau musim kemarau. Di sebelah barat ada sinar merah yang selalu muncul di setiap tahun baru pada pukul 00.00 WIB. Di sebelah selatan ada danau atau Situ Citayam.

“Jadi ternyata daerah makam keramat di Tanjakan Keramat ini dikelilingi oleh tempat-tempat situs keramat dan mistis” kata Jawara Silat penduduk asli Citayam, Kang Nurdin.

Ia mengklaim, julukan atau sebutan Tanjakan Keramat itu adalah pemberiannya. “Karena dulu kalau saya berkunjung ke Citayam naik ojek, si tukang ojeknya bilang mau ke mana pak? Dan saya selalu bilang ke Citayam. Tukang ojek itu tanya lagi Citayam mana pak. Ahirnya saya bilang tanjakan keramat, pas ada tanjakan dan makam keramat,” tutur Nurdin.

Dan dulu orang Citayam hanya menyebut wilayah tersebut dengan nama makam Mbah Samat. Nurdin mencoba mencari tahu dan menelusuri.

“Dapat sebuah nama yaitu "Mbah Raden Samat Kalima Sabda”. Itu sebutan buat para syeh ulama Arab Saudi,” ungkap Nurdin.

Ia menyesalkan situs dan peninggalan sejarah tersebut kurang perhatian dari pemerintah setempat. Contohnya akses jalan Tanjakan Keramat sangat rusak, tinggi, dan sangat menikung, sehinga banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak, tebalik dan memakan korban.

Belum lama ini ada tiga orang sekaligus ibu, anak, dan keponakan yang meninggal tergilas truk pengangkut batu yang tidak kuat menanjak dan mundur terbalik. Bisa juga jalan rusak tersebut menjadi penyebab kecelakaan yang sering terjadi. 

“Mungkin itu salah satu penyebabnya setiap kecelakaan yang terjadi di sekitar Tanjakan Keramat. Bukan karena mahluk halusnya. Jadi kami sangat mengharapkan bantuannya dari pemerintah untuk memperhatikan wilayah itu,” tuturnya.[05]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Ini 7 Wisata Alam di Tangerang
Senin, 16 Jul 2018 | 17:00 WIB
Ini 7 Wisata Alam di Tangerang
5 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Mulai Rafting
Sabtu, 14 Jul 2018 | 16:00 WIB
5 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Mulai Rafting
Keseruan 5 Tempat Camping Instagramable di Bogor
Jumat, 13 Jul 2018 | 17:00 WIB
Keseruan 5 Tempat Camping Instagramable di Bogor

KOMENTAR

Wisata Mistis ke Situ Citayam dan Tanjakan Keramat Citayam

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top