Selasa, 24 September 2019 |
Pariwisata - News Gallery

Wisata Kota Lama, Semarang Menyeret Pengunjung ke Masa Lalu

Senin, 22 Jan 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 340 Pengunjung

Gereja Blenduk.*

[NEWSmedia] - Jakarta memiliki kawasan Kota Tua sebagai salah satu tujuan wisata dalam kota. Suasana khas kolonial dengan bangunan-bangunan tua nan eksotis dan bersejarah menghias dan mampu menyeret pengunjung ke masa lalu.

Serupa tapi tidak sama Semarang, kota yang masih berada di Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki kawasan seperti Kota Tua Jakarta, tapi ada beberapa perbedaan. Jika di Jakarta ada Museum Fatahilah sebagai ikon utama Kota Tua, maka Kota Lama Semarang memiliki Gereja Blenduk dan Gereja Gendengan yang masih digunakan sebagai tempat beribadah.

Tidak hanya itu saja, di Kota Lama juga ada sebuah taman terbuka yang indah dan mewah. Taman tersebut bernama Taman Srigunting. Ada pula Gedung Marabunta yang pada zamannya dijadikan sebagai gedung pertunjukan. Serupa dengan Kota Tua, bangunan di Kota Lama juga bergaya Eropa elit. Besarnya ukuran pintu dan jendela yang gagah melekat pada tembok yang kuat menjadi pertanda dari kemegahan zaman kolonial. 

Jika di Museum Fatahilah ada sebuah penjara bawah tanah, maka di beberapa gedung di Kota Lama, ruang bawah tanah digunakan sebagai ruangan rahasia. Nah, bila berkesempatan untuk datang berlibur ke Kota Lama, jangan lupa untuk menyambangi kawasan yang dijuluki Little Netherland, dari namanya saja pasti sudah terbayang suasana khas Belanda, kan?

Ya, Little Netherland memang bisa membuat pengunjung seperti merasa sedang berada di Belanda, karena di kawasan Kota Lama ada beberapa bangunan khas Eropa yang sayangnya tidak terawatt dengan baik, tapi justru memberikan kesan seakan berbicara pada pengunjung soal sejarah dan waktu yang telah dilaluinya.

Bagi pengunjung yang gila foto dan penggiat fotografi dengan tema vintage, maka kawasan Kota Lama tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi saat akhir pekan tiba. Ada beberapa bangunan yang wajib dikunjungi dan diabadikan momennya, seperti Gereja Blendung atau Blenduk, Stasiun Tawang, Gedung Marba, Gedung Marabunta, Masjid Layur, Persimpangan Tengah Kota Lama, Pabrik Rokok Praoe Lajar, dan PT Perkebunan XV. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Wisata Kota Lama, Semarang Menyeret Pengunjung ke Masa Lalu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top