Minggu, 25 Februari 2018 |
Pariwisata

Wisata ke Jakarta, Yuk Berburu Oleh-Oleh Khas Betawi

Senin, 02 Jan 2017 | 17:06 WIB Dibaca: 1122 Pengunjung

kerak telor makanan khas jakarta.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Liburan ke Ibu Kota tak lengkap rasanya jika belum mencoba atau membawa pulang sesuatu yang jadi khas tanah Betawi. Dari baju dan aksesoris untuk kenangan sampai makanan khas Betawi perlu Anda bawa pulang.

Tapi banyak orang bingung di mana membeli dan menemukan tempat yang menjual oleh-oleh atau kenang-kenangan dari Jakarta? Berikut beberapa di antaranya. 

Kota Tua, Jakarta Kota 
Di Kota Tua, yang menjadi salah satu pusat wisata teramai di Jakarta, Anda bisa menemukan beberapa pedagang yang menjual oleh-oleh kaos khas Jakarta.

Tempat yang menjual kaos tersebut seperti di jembatan penyeberangan bawah tanah yang bisa dijangkau dari Stasiun Kereta dan Halte Transjakarta. Dari setelah pakaian untuk anak-anak sampai kaos untuk dewasa tersedia di salah satu gerai dengan harga cukup murah.

Beberapa pedagang juga kerap menjajakan kaos bertemakan Jakarta dan Betawi di pinggir jalan dengan harga miring. Ada juga di "Souvenir Shop" di Museum Bank Mandiri yang menjual cendera mata khas dengan kualitas yang lebih bagus dan barang yang lebih variatif. 

Condet, Jakarta Timur
Condet dikenal sebagai daerah cagar budaya Betawi di Jakarta yang masih sering mengadakan kegiatan atau adat untuk mempertahankan budaya Betawi yang mulai tergerus dunia modern. Meski banyak tempat "nongkrong" modern yang bertebaran, di daerah ini ada beberapa tempat yang menjual oleh-oleh khas Betawi.

Salah satu di antaranya adalah penjual dodol Betawi Mpo Hj Mamas, yang memiliki nama asli Mpok Masitoh. Menurut informasi, warung yang berada di Jalan Batu Ampar I RT 13 RW 04 Condet, Kramat Jati, menjual dodol hampir setiap hari baik untuk dibeli langsung atau sesuai pesanan. 

Tanjung Barat, Jakarta Selatan
Di daerah selatan Jakarta Anda bisa membeli oleh-oleh di Toko Romlah Roemah Oleh-Oleh Jakarta. Berbagai jenis camilan dan kue khas Betawi dijual, seperti semprong Betawi, kacang Condet, geplak, kembang goyang, bir pletok, biji ketapang, dan lain-lain. Tak hanya makanan, toko yang berlokasi di Jalan Swadaya ini juga menjual cindera mata bernuansa Betawi.

Dari sana, Anda juga bisa mampir ke Setu Babakan di Jagakarsa, yang tidak terlalu jauh dari Tanjung Barat. Tempat ini juga salah satu cagar budaya Betawi yang diisi dengan pemukiman asli Betawi dan menjadi tempat berbagai pertunjukan budaya Betawi. Kuliner khas Betawi juga bisa dicicipi langsung di sana, seperti kerak telor, soto Betawi, nasi uduk, dan lain-lain. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Keseruan Berkunjung ke 5 Museum Unik di Indonesia
Sabtu, 24 Feb 2018 | 17:01 WIB
Keseruan Berkunjung ke 5 Museum Unik di Indonesia
Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Ala Amrazing
Sabtu, 24 Feb 2018 | 16:00 WIB
Tips Berburu Tiket Pesawat Murah Ala Amrazing
Traveler Wajib Punya Lima Aplikasi Ini
Jumat, 23 Feb 2018 | 16:08 WIB
Traveler Wajib Punya Lima Aplikasi Ini
5 Tips Berkunjung ke Desa Adat Baduy Banten
Kamis, 22 Feb 2018 | 17:09 WIB
5 Tips Berkunjung ke Desa Adat Baduy Banten

KOMENTAR

Wisata ke Jakarta, Yuk Berburu Oleh-Oleh Khas Betawi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top