Senin, 21 September 2020 |
Tekno

WhatsApp Cegah Hacker Meretas Pengguna Melalui Video Call

Senin, 15 Okt 2018 | 12:06 WIB Dibaca: 386 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pengembang aplikasi WhatsApp kabarnya telah memperbaiki bug di versi Android dan iOS yang memungkinkan adanya peretas yang mengambil alih aplikasi ketika pengguna menjawab panggilan video.

Natalie Silvanovich, seorang peneliti keamanan dari tim riset keamanan Project Zero Google menemukan adanya kerentanan WhatsApp pada akhir Agustus.

Dilansir laman Zdnet, Silvanovich menggambarkan kerentanan tersebut sebagai bug korupsi memori dalam implementasi konferensi video non WebRTC WhatsApp. Ia juga menerbitkan kode bukti berupa konsep dan instruksi untuk mereproduksi serangan.

"Tumpukan korupsi dapat terjadi ketika aplikasi mobile WhatsApp menerima paket RTP yang salah," kata Silvanovich dalam laporan bug. Masalah ini dapat terjadi ketika pengguna WhatsApp menerima panggilan dari rekan jahat," Jelasnya.

Menurutnya, hanya pengguna WhatsApp pada Android dan iOS yang terpengaruh, karena merekalah satu-satunya yang menggunakan Protokol Transportasi Real-time (RTP) untuk konferensi video. Web client WhatsApp tidak terpengaruh karena menggunakan WebRTC untuk panggilan video. 

Pekan lalu, Badan Intelijen Cyber Israel mengirimkan peringatan tentang teknik peretasan baru yang mengandalkan kotak masuk pesan suara yang aman untuk membajak akun WhatsApp dari pemilik sah.

Teknik itu pertama kali didokumentasikan tahun lalu tetapi mulai disalahgunakan secara besar-besaran pada musim gugur ini. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

WhatsApp Cegah Hacker Meretas Pengguna Melalui Video Call

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top