Kamis, 25 Februari 2021 |
News Room - Banten Memilih

WH-Andika Komitmen Berdayakan Pondok Pesantren di Banten

Jumat, 04 Nov 2016 | 15:19 WIB Dibaca: 1766 Pengunjung

Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang, Jumat (4/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut satu, Wahidin Halim-Andika Hazrumy berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan terhadap pondok pesantren di Provinsi Banten.

“Provinsi Banten ini dikenal sebagai daerah sejuta santri, seribu kiyai, setiap pelosok banyak ponpes. Ke depan, saya sepakat dengan Pak WH, (perhatian ke pesantren) tidak cuma infrastruktur yang diperbaiki, tapi juga memunculkan identitas ke-Bantenan melalui pesantren,” kata Andika saat bersilaturahmi bersama masyarakat Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang, Jumat (4/11/2016).

Pada saat itu, Andika juga menyempatkan bersilaturahmi ke pondok pesantren dan majelis taklim di Kramatwatu, Kabupaten Serang.

"Syiar Islam harus menjadi prioritas utama, maka ke depan kami akan bantu majelis taklim dan guru-guru ngaji serta pesantren yang ada di Provinsi Banten,” ujarnya.

Andika mengatakan, Banten sebagai daerah sejuta santri dan seribu ulama, harus dibuktikan salah satunya dengan Perda Ponpes dan Majelis Taklim. Ini juga sebagai langkah untuk menjadikan Provinsi Banten menjadi provinsi pertama yang punya Perda Ponpes dan Majelis Taklim.

“Pemerintah sudah sepatutnya memberikan perhatian terhadap pondok pesantren di Provinsi Banten. Perda Pondok Pesantren yang saat ini dalam pembahasan di DPRD, harus segera dieksekusi sebagai perhatian dan perlindungan terhadap pondok pesantren,” kata Andika.

Ia mengatakan, Perda Pondok Pesantren di Banten nanti akan diintegrasikan dengan program 'Alquran Center' dan pusat studi keislaman yang digagas oleh dirinya.

“Selain sisi budgeting, Perda Ponpes ini nanti juga sebagai upaya menangkal radikalisme dan bahaya narkoba yang masuk ke pesantren,” sambung mantan Anggota Komisi III DPR-RI ini.

Andika mengungkapkan, selain empat dasar kehidupan masyarakat, infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan kesehatan, pondok pesantren merupakan pilar utama kehidupan masyarakat Banten.

“Pesantren merupakan dunia pendidikan yang paling dekat dengan masyarakat,” tutur putra sulung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini.

Sementara itu, Ustaz Jahar Usman pimpinan Ponpes Bani Usman mengapresiasi dan mendukung cita-cita calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy, yang mendorong Perda Ponpes dan Majelis Taklim di Banten.

“Kita adalah lembaga yang paling dekat dan menyatu dengan masyarakat. Memang harus ada peraturan sebagai bentuk perhatian, baik mengatur soal bantuan untuk peningkatan SDM, maupun sarana dan prasarananya,” kata Jahar. [ahi/tmd]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

WH-Andika Komitmen Berdayakan Pondok Pesantren di Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top