Minggu, 25 Februari 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal yang Diderita Advent Bangun

Selasa, 13 Feb 2018 | 00:01 WIB Dibaca: 109 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Aktor laga Indonesia, Advent Bangun meninggal dunia pada Sabtu, 10 Februari 2018 setelah sekian lama berjuang melawan penyakit gagal ginjal yang dideritanya. Hal ini juga sempat mengejutkan masyarakat, karena kondisi Advent dikabarkan sempat membaik dan dipindahkan ke ruang rawat.

Gagal ginjal memang salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan, mengingat ginjal memiliki fungsi penting dalam system ekskresi. Hal tersebut dapat terjadi ginjal Anda tiba-tiba kehilangan fungsinya untuk menghilangkan kelebihan garam, cairan, dan limbah dari darah. Cairan tubuh bisa naik ke tingkat berbahaya saat ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring. Kondisi ini juga akan menyebabkan elektrolit dan limbah menumpuk di tubuh Anda, yang mana hal itu akan mengancam nyawa.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gagal ginjal, yaitu:

1. Hilangnya aliran darah ke ginjal

Hilangnya aliran darah secara tiba-tiba ke ginjal bisa menyebabkan gagal ginjal. Beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan hal tersebut misalnya, serangan jantung, gagal hati, dehidrasi, adanya luka bakar yang parah, reaksi alergi, terjadinya infeksi parah seperti sepsis, tekanan darah tinggi dan penggunaan obat anti inflamasi juga dapat menyebabkan terhentinya aliran darah ke ginjal.

2. Masalah eliminasi urin

Jika tubuh Anda tidak bisa mengeluarkan urin, toksin akan memenuhi ginjal. Beberapa jenis kanker dapat mempengaruhi kelancaran urin. Seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker leher Rahim dan kandung kemih.

Kondisi lainnya yang dapat mengganggu urin dan berkemungkinan dapat menyebabkan gagal ginjal yaitu; batu ginjal, pembesaran prostat, pembekuan darah dalam saluran kemih dan kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspadai Penyakit Gagal Ginjal yang Diderita Advent Bangun
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top