Senin, 16 Desember 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Waspadai 6 Gejala Sakit Jantung Seperti Setya Novanto

Jumat, 29 Sept 2017 | 06:32 WIB Dibaca: 2532 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Setya Novanto kini tengah dirawat di RS Premier Jakarta. Dari foto yang tengah beredar, Setya dikabarkan baru saja menjalani operasi jantung.

Belum diketahui dengan pasti, penyakit jantung apa yang dialami ketua DPR RI tersebut. Penyakit jantung sendiri terdiri dari bebeberapa macam, seperti henti jantung dan serangan jantung.

Serangan jantung terjadi saat bagian otot jantung melemah akibat suplai oksigen ke jantung tidak memadai.

Kurangnya pasokan oksigen dalam darah, biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner akibat penggumpalan darah atau plak kolesterol.

Seseorang yang terkena serangan jantung seringkali telat mendapat pertolongan karena kondisi yang memburuk saat menuju rumah sakit. Untuk itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala serangan jantung berikut ini.

1. Rasa nyeri pada dada

Rasa sakit yang terkait dengan serangan jantung biasanya terjadi tiba-tiba di tengah dada. Rasa sakit tersebut biasanya terasa sangat nyeri dan terasa bengkak. Seolah-olah rasanya seperti diremas.

Rasa sakit ini akan berlangsung selama beberapa menit dan sering lenyap setelah beberapa saat jika aliran darah kembali ke jantung Anda. Tapi jika tidak, maka rasa sakit itu cepat memancar ke lengan, punggung, leher, dan kemudian kepala.

2. Nyeri di mulut dan gigi

Gejala ini lebih sering terlihat pada wanita daripada pada pria saat mereka terkena serangan jantung. Gejala ini tidak selalu disertai dengan nyeri dada.

3. Sulit bernapas

Sesak napas atau sulit bernapas adalah gejala umum lain dari serangan jantung, di mana seseorang tiba-tiba sulit mendapatkan udara seolah akan tenggelam.

Rasa sesak nafas ini bisa terjadi sebelum nyeri dada dimulai atau bisa terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

4. Keringat yang berlebihan

Keringat dingin seringkali merupakan tanda yang dilihat tepat sebelum seseorang pingsan. Tapi bila bersamaan dengan gejala serangan jantung lainnya, itu bisa menjadi pertanda seseorang mengalami serangan jantung.

5. Mual dan muntah

Angina atau nyeri dada seringkali menyebar ke bagian atas perut dan menyebabkan nyeri epigastrik, sakit maag, gangguan pencernaan, mual dan muntah saat serangan jantung.

6. Rasa sakit di lengan

Selama serangan jantung, orang sering merasakan sakit hebat di lengan kiri, bahu, punggung, dan kadang-kadang, bahkan seluruh sisi kiri.

Jika seseorang mengalami serangan jantung, penting untuk segera mendapatkan pertolongan pertama seperti resusitasi jantung paru (RJP) dan segera mendapatkan pertolongan medis. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspadai 6 Gejala Sakit Jantung Seperti Setya Novanto
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top