Minggu, 07 Juni 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada! Virus Flu Bisa Menular Langsung Lewat Hembusan Napas

Sabtu, 20 Jan 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 677 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Selama ini mungkin Anda yakin bahwa masalah flu kebanyakan ditularkan melalui kontak langsung dengan si penderita. Kemudian, virus flu juga bisa ditularkan lewat batuk dan bersin. Mulai sekarang tambahkan satu faktor penyebab ini agar Anda terhindar dari masalah!

Adalah hembusan napas. Ya, belum lama ini badan kesehatan di Amerika CDC memperingatkan orang untuk segera mencuci tangan dan menutup mulut mereka saat berada dekat dengan orang yang sedang flu. Sebab, virus penyebab masalah ini bisa ditularkan dengan cepat hanya melalui udara yang Anda hirup.

Periset di University of Maryland membenarkan hal tersebut. Timnya telah menganalisa 142 pasien flu, di mana mereka menemukan virus menular melalui udara yang mereka hirup, terutama pada beberapa hari pertama mereka menunjukkan gejala.

Lebih lanjut, penulis utama penelitian ini Dr Donald Milton mengatakan bahwa dia meminta seseorang untuk tinggal di rumah jika mereka demam, batuk, dan sakit tenggorokan dan ketika merasa sangat lemah.

"Influenza datang dengan mudah dan cepat dan Anda mungkin menularkan saat itu juga," katanya. "Saya ingin orang-orang di tempat kerja saya yang turun dengan flu untuk pulang dan tidak menginfeksi saya," tambah Dr. Milton.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Dr Milton mengatakan, virus tersebut tetap hidup berjam-jam di udara. Nah, dengan Anda berada di rumah, maka penyebaran virus pun akan semakin minim. Itu mengapa pihaknya dengan tegas tidak memperbolehkan penderita flu beraktivitas. "Tinggal di rumah bisa membuat perbedaan nyata," sambungnya singkat.

Penelitian yang dirilis hari ini, terjadi di tengah musim flu yang sengit, dengan lebih dari 100 orang Amerika dan 100 orang Inggris terbunuh oleh strain H3N2, jenis influenza yang sangat agresif.

Studi yang dilakukan Dr Milton dilakukan pada 2012, tahun dimana H3N2 sangat agresif. Dan untuk tahun ini, banyak ahli medis yang memperkirakan akan menjadi tahun yang sangat parah!

Mereka mengumpulkan 142 siswa yang telah didiagnosis menderita influenza dan memantau mereka selama tiga hari setelah timbulnya gejala.

Setiap orang memberi 218 sampel pernapasan yang dihembuskan, contoh batuk, dan contoh bersin. Untuk memantau pernapasan mereka, para peneliti menempatkan setiap siswa di ruang yang tertutup untuk memantau pernapasan alami mereka. Mereka kemudian menganalisis udara di ruang yang tertutup itu.

Hasil pengamatan pun keluar dan menjelaskan bahwa setengah sampel diyakini memiliki viral load terdeteksi di dalamnya dan menunjukkan bahwa batuk bukanlah satu-satunya cara untuk menyebarkan flu mematikan tersebut.

Dr Milton mengatakan dia berharap temuan tersebut dapat membantu pejabat kesehatan untuk memahami bagaimana flu menyebar, dan karena itu bagaimana cara mengendalikannya dan bagaimana menghasilkan vaksin yang lebih baik untuk melawannya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada! Virus Flu Bisa Menular Langsung Lewat Hembusan Napas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top