Rabu, 17 Oktober 2018 |
News Room - Peristiwa

Waspada! Truk Kimia Terguling di Ciwandan

Sabtu, 11 Feb 2017 | 18:18 WIB Dibaca: 784 Pengunjung

Truk berisi asam sulfat yang terguling di JLS CIlegon

CILEGON, [NEWSmedia] - Sebuah truk tanki yang memuat bahan kimia berbahaya jenis Asam Sulfat (H2SO4), terbalik di Jalan Lingkat Selatan (JLS), tepatnya di Kampung Sambilandak, Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Sabtu (11/​2/​2017).

Kejadian kecelakaan tunggal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Ciwandan, Kompol Didid Imawan. Menurut Kapolsek, kecelakaan truk tangki dengan nomor polisi B 9296 ZD yang dikemudikan oleh Sastra itu terjadi karena truk tidak kuat menanjak hingga akhirnya terguling.

“Truk tanki kimia ini mengangkut bahan kimia jenis Asam Sulfat kadar 60 persen dari PT LSL Pulo Gadung menuju PT Lautan Otsuka Chemical Ciwandan. Terus akibat terbalik banyak bahan kimia tumpah ke jalan,” jelas Kompol Didid.

Kasus kecelakaan tersebut kini sedang ditangani oleh Satlantas Polres Cilegon.
Ada pun bahan kimia yang diduga berbahaya yang tumpah ke jalan belum ada penanganan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Padahal, bahan kimia asam sulfat atau H2SO4 ini merupakan salah satu jenis senyawa kimia yang berbahaya dan termasuk ke dalam golongan senyawa kimia yang keras dan juga korosif. Jika terkena manusia akan menyebabkan rasa perih pada bagian kulit, kulit terasa terbakar, kulit mengelupas, dan jika terkena mata, dapat menyebabkan iritasi bahkan kebutaan. Selain itu dapat enyebabkan kebakaran dan karat pada logam.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak Dinas Lingkungan Hidup Cilegon terkait bahan kimia yang tumpah ke jalan tersebut. [bkr]

Penulis: Newsmedia
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada! Truk Kimia Terguling di Ciwandan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top