Senin, 17 Desember 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada, Obesitas Usia Remaja Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas

Kamis, 06 Des 2018 | 07:02 WIB Dibaca: 92 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Permasalahan obesitas tampaknya makin meningkat di era modern ini. Tidak hanya orang dewasa, tapi obesitas juga bisa menyerang remaja.

Dampaknya juga tak kalah mematikan, salah satunya adalah peningkatan risiko kanker pankreas. Tentunya ini sangat membahayakan masa depan remaja yang menderitanya.

Peneliti telah meneliti hampir 2 juta pria dan wanita selama lebih dari 20 tahun. Studi ini membuktikan, remaja pria yang mengalami obesitas mengalami risiko peningkatan tiga kali lipat terkena kanker pankreas. Sementara itu, remaja putri sebanyak empat kali lipatnya.

Hasil ini didapatkan dari penelitian dengan membandingkan remaja dengan berat badan normal. Meskipun sejak lama obesitas dianggap sebagai faktor risiko penyebab kanker pankreas, tapi tampaknya kaitan kedua hubungan ini masih kurang jelas.

Studi saat ini tidak membuktikan obesitas dapat menyebabkan kanker pankreas, atau berdampak pada perkembangan kanker beberapa dekade kemudian. Namun, kata Dr. Chanan Meydan dari Pusat Medis Mayanei HaYeshua di Bnei Brak, Israel.

Menurut WHO, satu dari lima anak dan remaja mengalami kelebihan berat badan atau obesitas secara global. Anak-anak dan remaja yang dianggap obesitas ketika indeks massa tubuh atau BMS mereka dalam kisaran 85-95 persen.

Untuk menguji hubungan antara obesitas dan kanker pankreas, peneliti menganalisis data berat badan untuk hampir 1,1 juta pria dan lebih dari 707.000 wanita yang menjalani pemeriksaa

Kemudian, ketika setengah orang dalam penelitian itu telah dilacak selama 23 tahun, para peneliti melihat data riset kanker nasional untuk mengetahui apakah di antara mereka ada yang telah terkena tumor pankreas.

Studi menemukan, pria memiliki peningkatan risiko kanker pankreas bahkan ketika berat badan mereka selama masa remaja tidak cukup dianggap obesitas.

Perempuan tampaknya memiliki risiko lebih besar terkena kanker pankreas saat mereka mengalami obesitas saat remaja, dan bukan ketika kelebihan berat badan.

Salah satu keterbatasan penelitian ini adalah peneliti tidak memiliki data tentang perubahan berat badan dari waktu ke waktu yang mungkin berdampak pada risiko mengembangkan tumor ini.

Namun, berdasarkan hasil mereka, berat badan yang berlebihan pada masa remaja dapat menjelaskan sekitar 11 persen dari kasus kanker pankreas dalam populasi, penulis studi utama Dr. Zohar Levi dari Rabin Medical Center dan Universitas Tel Aviv dan rekan menulis dalam jurnal Cancer.

Kemungkinannya yaitu, peradangan yang disebabkan oleh kelebihan berat badan mungkin nantinya berkontribusi terhadap perkembangan tumor.

“Kami perlu studi lanjut mengenai hal ini untuk lebih menjelaskan bagaimana intervensi kontra-obesitas dapat mempengaruhi risiko keganasan,” kata Meydan. Namun, kontrol berat badan dibenarkan karena alasan lain selain dari pencegahan keganasan.[okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada, Obesitas Usia Remaja Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top