Senin, 10 Agustus 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Waspada, Kuku Menghitam Bisa Jadi Gejala Kanker

Sabtu, 29 Jun 2019 | 12:00 WIB Dibaca: 822 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - American Academy of Dermatology (AAD) menyebutkan bahwa gumpalan hitam pada kuku tangan atau kaki merupakan gejala kanker kulit melanoma subungual atau jenis kanker kulit yang paling serius. Jika tidak diobati, melanoma subungual dapat menyebar ke bagian tubuh lain dengan cukup cepat.

Dilansir Time of India, ada beberapa gejala dari penyakit ini antara lain kuku rapuh dan lemah, pendarahan di sekitar kuku, tanda kehitaman-kecokelatan yang sepertinya akan mengembang, warna kulit di sekitar kuku berubah. Serta biasanya terdapat nanah yang berpigmen di bagian kuku yang berpigmen.

Adapun garis putih atau titik-titik pada kuku dimungkinkan muncul karena kekurangan mineral seperti kalsium dan seng atau karena cedera pada pangkal kuku. Seringkali garis putih ini akibat reaksi alergi atau kerusakan pada dasar kuku, yang sering tidak muncul selama berminggu-minggu.

Terlepas dari faktor-faktor yang disebutkan di atas, manikur dan penggunaan kuku akrilik atau kutek yang sangat sering juga dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada kuku. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini juga menandakan masalah jantung dan kesehatan yang buruk.

Yang tidak kalah penting, jurnal tersebut menginstruksikan agar tidak menimpa garis putih atau gumpalan hitam pada kuku dengan kutek atau lainnya. Karena seringkali kuku menjadi pengantar sinyal tentang tentang kesehatan fisik seseorang.

Namun jika sudah terlanjur sering memakaikan kutek pada area kuku bergaris putih atau kuku menghitam, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. [rpk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada, Kuku Menghitam Bisa Jadi Gejala Kanker
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top