Selasa, 04 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada Korona COVID-19, Jangan Lupa Cuci Tangan Usai Pegang 10 Benda Ini

Kamis, 05 Mar 2020 | 20:46 WIB Dibaca: 342 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Masyarakat sekarang diminta untuk menjaga imunitas demi terjaga dari infeksi COVID-19. Menjaga imunitas yang baik bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, tidak stres, dan berolahraga.

Sementara itu, kebersihan diri juga penting dilakukan. Karena itu, sekarang ini banyak kita lihat orang-orang rajin menyuci tangan, menggunakan masker bagi yang sakit, pun menggunakan hand sanitizer. Upaya ini dilakukan agar tidak terinfeksi COVID-19.

Penyebaran virus penyebab COVID-19 ini utamanya karena droplet atau air liur. Dengan begitu, sangat disarankan agar Anda batuk atau bersin dengan beretika. Jangan biarkan air liur Anda 'menempel' di orang lain atau di benda sekitar Anda.

Sebab, beberapa benda diyakini mampu menjadi tempat yang 'nyaman' untuk virus hidup, meski dalam waktu yang tak begitu lama. Nah, hal ini juga diterangkan Kepala Obat Infeksi di Universitas Edinburgh Prof. Jurgen Haas.

"Virus bisa bertahan di benda dalam kondisi tertentu dan waktu tertentu. Namun, perlu diingat bahwa jika benda itu ada di suhu yang cenderung dingin, virus akan lebih lama hidup di sana, berbeda dengan di suhu hangat hingga panas. Virus tak mampu bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang panas," kata Haas.

Ia pun menerangkan ada 10 benda yang kemungkinan bisa 'menyimpan' virus dan karena itu, sangat disarankan agar segera cuci tangan setelah memegang benda ini. Apa saja?

1. Uang kertas

Haas menjelaskan bahwa uang kertas bisa jadi medium penyebaran virus korona COVID-19. Tapi, perlu dicatat bahwa risikonya sangat kecil, harus ada penularan air liur dulu di sana.

2. Gagang pintu

Gagang pintu pun menjadi medium lain yang bisa menularkan virus. Hal ini terjadi karena tidak hanya satu dua orang yang memegang gagang tersebut dan bisa saja salah satunya sedang sakit dan jarang cuci tangan.

3. Perabotan dapur

Benda lain yang perlu diwaspadai adalah perabotan dapur. Haas mencontohkan misalnya teko atau ketel. Kalau Anda memegang benda ini, jangan malas untuk cuci tangan, ya.

4. Mesin ATM


Konsepnya sama dengan gagang pintu, alat ini dipegang oleh banyak orang. Karena itu, untuk meminimalisir risiko penyebaran virus, jangan ragu cuci tangan setelah menggunakan mesin ATM.

5. Eskalator

Benda lain yang kemungkinan menyimpan virus adalah eskalator. Karena itu, disarankan buat Anda untuk jangan genggam pegangan tangan yang ada di eskalator jika memungkinkan.

6. Semua benda di toilet umum

Kalau Anda menggunakan toilet umum, pastikan sebelum keluar Anda cuci tangan bersih. Sebab, di sana bisa menjadi sumber penularan virus, mulai dari kran air, toilet duduk, penyemprot air, hingga gagang pintu toilet itu sendiri.

7. Rumah sakit

Tempat ini adalah tempat berkumpulnya virus. Karena itu, sangat tidak dianjurkan mereka yang tidak enak badan untuk menjenguk. Selain itu, jika Anda memegang barang di rumah sakit, sangat dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum keluar rumah sakit.

8. Telepon umum


Jika Anda punya telepon di ruang kantor, pastikan untuk dibersihkan secara rutin. Sebab, bisa saja satu tangan ke tangan lain menyebarkan virus. Ini risikonya sangat rendah.

9. Tempat duduk pesawat

Benda lain yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah tepat duduk pesawat. Konsepnya mirip dengan gagang pintu, usahakan untuk membersihkan pegangan tangan pesawat dengan tisu basah untuk meminimalisir penyebaran virus.

10. Fasilitas kesehatan

Kondisinya sama dengan ketika Anda datang ke rumah sakit. Usahakan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah keluar fasilitas kesehatan (dokter umum). Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan diri. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada Korona COVID-19, Jangan Lupa Cuci Tangan Usai Pegang 10 Benda Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top