Kamis, 25 Februari 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada, Kebiasaan Buruk di Bulan Puasa Ini Bisa Mengancam Kesehatan

Selasa, 05 Jun 2018 | 00:02 WIB Dibaca: 627 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Tak terasa hari ini bulan puasa atau Ramadan telah sampai di hari ke 14 alias hampir setengah bulan. Bagi umat muslim, menjalankan ibadah puasa adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat dan mendapatkan pahala berlimpah. Dengan berpuasa, umat muslim bahkan diajarkan untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dan sabar. Ini juga mengajarkan umat muslim untuk lebih menjaga kesehatan.

Namun sayangnya, puasa yang seharusnya bisa jadi langkah untuk menjaga kesehatan rupanya bisa pula jadi sumber masalah dan mengancam kesehatan. Apalagi, ketika kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk selama Ramadan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengancam kesehatan di bulan Ramadan.

Kebiasaan ini bahkan sangat sering dilakukan namun jarang disadari atau memang diabaikan. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak yang berikut ini.

Konsumsi Gorengan dan Makanan Manis Berlebih

Konsumsi gorengan dan makanan manis saat berbuka puasa memang sangat menyenangkan. Tapi, jika ini dilakukan dengan porsi berlebih, ini pasti memiliki dampak buruk buat kesehatan. Tak hanya buruk jika dikonsumsi berlebih saat berbuka, konsumsi gorengan dan makanan manis berlebih juga sangat tidak disarankan.

Minum Air Putih Berlebih Saat Sahur

Minum air putih memang sangat bagus buat kesehatan. Tapi, jika minum air putih ini berlebih, ini justru berbahaya buat kesehatan. Jika ingin minum air, perbanyak minum air saat buka dan sebelum sahur. Hindari minum air berlebih saat sahur karena meningkatkan risiko beser (cepat ingin kencing)dan ini justru lebih cepat merasa haus saat puasa.

Langsung Tidur Selepas Sahur

Apakah kamu seseorang yang punya kebiasaan langsung tidur selepas sahur? Jika iya, usahakan untuk menghentikannya mulai sekarang. Langsung tidur selepas sahur bisa meningkatkan asam lambung dan sangat tidak baik buat kesehatan.

Olahraga Setelah Berbuka

Walau sedang puasa, kita tetap disarankan untuk berolahraga. Tapi usahakan untuk menghindari olahraga sesaat setelah berbuka. Olahraga setelah berbuka bisa membahayakan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau pun ingin olahraga, tunggu hingga minimal 2 jam setelah berbuka atau makan malam. Kalau tak mau olahraga saat malam, olahraga lah di lagi hari dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga.

Itulah beberapa kebiasaan buruk di bulan puasa yang bisa mengancam kesehatan. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain yang juga buruk adalah merokok setelah berbuka atau sahur, makan makanan berlemak tinggi, nutrisi buah dan sayur yang kurang serta masih banyak lagi. [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada, Kebiasaan Buruk di Bulan Puasa Ini Bisa Mengancam Kesehatan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top