Sabtu, 07 Desember 2019 |
News Room - Pemerintahan - Kesehatan

Waspada! Jajanan Mengandung Boraks di Tangerang

Selasa, 06 Jun 2017 | 14:21 WIB Dibaca: 764 Pengunjung

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang saat menguji makanan di Pasar Mas Balaraja, Tangerang, Selasa (6/6/2017)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, menemukan sejumlah bahan makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan boraks di pasar Mas Balaraja Sentiong, Kabupaten Tangerang. Selasa (6/6/2017).

Bahan makanan yang mengandung zat pengawet tersebut terungkap saat petugas melakukan pengujian terhadap puluhan sampel makanan yang dijual di pasar tradisional ini.

Kepala Seksi Farmasi dan Keamanan Pangan Dinkes Kabupaten Tangerang, Muji Harja menuturkan, ada 17 sampel makanan yang diuji diantaranya tahu putih kecil, tahu coklat, tahu kuning, kikil, dan kolang-kaling. Dari 17 sampel tersebut petugas menemukan kandungan formalin pada jenis tahu coklat.

"Ada kandungan formalin atau Rhodamine B pada jenis tahu coklat. Dan ini sangat berbahaya tentunya mengingat tahu adalah salah satu makanan yang dikonsumsi oleh banyak orang," katanya kepada media.

Ia menambahkan, selain tahu coklat kandungan formalin juga ditemukan pada bahan-bahan makanan yang biasa digunakan untuk membuat kolak yakni pacar cina dan agar mutiara. Setelah dilakukan uji lab kedua jenis bahan makanan tersebut positif mengandung boraks.

"Kita lakukan uji sampel juga pada 4 jenis bahan makanan yang biasa digunakan dalam membuat kolak. Hasilnya dua jenis bahan makanan ini mengandung boraks," ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih jeli dan pintar dalam membeli bahan-bahan makanan terutama untuk bahan-bahan untuk membuat menu takjil.

"Masyarakat harus pintar dan jeli dalam membeli bahan makanan jenis ini, biasanya yang mengandung boraks, formalin, atau pewarna tekstil, warnanya mencolok dibandingkan dengan yang memakai pewarna alami," pungkasnya. [okz]

Penulis: Okz
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada! Jajanan Mengandung Boraks di Tangerang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top