Rabu, 25 November 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Mineral

Jumat, 06 Jul 2018 | 06:32 WIB Dibaca: 503 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Asupan mineral dalam tubuh memiliki beragam manfaat, seperti beberapa di antaranya memelihara keseimbangan pH dalam tubuh, membantu pengaturan pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan saraf.

Karena sifatnya yang tak kasat mata, banyak orang tidak sadar bahwa dirinya kekurangan mineral. Padahal, menurut dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, Ahli Gizi Fakultas Kedokteran UI, kekurangan mineral bisa dikenali dengan beberapa tanda pada tubuh.

"Kalau kekurangan mikro mineral tanda-tandanya biasanya mudah lelah, otot-ototnya terasa lemas atau mudah kram," ungkap Diana, dalam lokakarya Health and Nutritition yang diadakan oleh Danone dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Kamis 5 Juli 2018.

Sedangkan untuk kekurangan makro mineral, efek yang mungkin timbul pada tubuh bisa jadi lebih serius. Beberapa di antaranya seperti kram, tekanan darah menjadi turun, dan irama jantung yang tidak teratur.

"Ciri lainnya yaitu jika olahraga pagi keringat banyak yang keluar, cepat pusing, otot-otot mulai tegang, itu tanda awal kekurangan mineral. Jika tak ditangani lebih lanjut bisa sampai pingsan dan irama jantung yang tidak stabil," kata dia.

Selain itu kekurangan mineral yang kronis juga terlihat dari gejala kulit yang kusam, bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh yang lain, seperti mengganggu pencernaan dan anemia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Mineral
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top