Jumat, 20 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada! Ini 7 Tanda Jantung Tidak Bekerja dengan Normal

Jumat, 08 Jun 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 151 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Jantung merupakan organ yang vital bagi tubuh manusia. Bila fungsi dan kerjanya bermasalah, kesehatan tubuh akan terganggu. Bahkan gangguan pada jantung bisa menyebabkan kematian.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, seperti yang dikutip dari brightside.me, sekitar 610.000 orang meninggal dunia akibat penyakit yang berhubungan jantung setiap tahunnya di Amerika Serikat. Pria dan wanita bisa terserang penyakit jantung karena berbagai alasan yang berkaitan dengan gaya hidup tertentu. 

Biar kita tidak gampang panik soal permasalahan yang berkaitan dengan jantung, yuk kita kenali sejumlah tanda jantung tidak bekerja dengan normal. Dengan memahami tanda-tanda ini setidaknya kita bisa lebih berhati-hati dan segera melakukan tindakan pencegahan agar kondisinya tidak makin parah.

1. Nyeri di area lengan
Banyak pria yang mengalami nyeri di lengan kiri sementara wanita mengalami nyeri di salah satu atau kedua lengan. Sejumlah pria juga mengungkapkan mengalami nyeri di siku sebelum kena serangan jantung. Hal ini terjadi karena rasa sakit di jantung sampai ke tulang belakang tempat banyak saraf terhubung, membuat otak 'bingung' dan menganggap sakitnya ada di lengan.

2. Batuk yang tak kunjung berhenti
Batuk bisa jadi gejala berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kardiovaskuler. Batuk yang tak kunjung berhenti dan disertai cairan yang agak kemerahan merupakan gejala paling umum gagal jantung. Tapi tak perlu panik dulu kalau kamu mengalami batuk-batuk ya ladies, karena penyebabnya bisa karena berbagai faktor.

3. Bengkak di kaki atau pergelangan kaki
Saat jantung tidak berdetak normal, cairan dari pembuluh darah bisa merembes ke jaringan di sekitarnya. Kaki, telapak kaki, dan pergelangan kaki bisa yang paling terpengaruh karena faktor gravitasi. Meski gejala ini tak selalu mengarah pada penyakit jantung tapi perlu diwaspadai kalau kamu mengalami gejala ini.

4. Nafsu makan berkurang dan/atau mual
Banyak pasien yang menderita penyakit jantung menunjukkan gejala kurang nafsu makan dan/atau disertai mual. Hal ini bisa terjadi karena penumpukan cairan di sekitar organ hati dan usus yang mengganggu proses pencernaan. Biasanya gejala ini juga disertai dengan nyeri perut.

5. Sangat gampang gelisah
Dikutip dari citeseerx.ist.psu.edu, sejumlah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mengalami kegelisahan ekstrem rentan kena penyakit jantung. Kegelisahan atau kecemasan ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang penuh tekanan dan juga gangguan lainnya. Sejumlah dampak dari kondisi ini bisa meliputi naiknya tekanan darah, menurunnya detak jantung, dan tachycardia (gangguan pada denyut jantung yang lebih cepat dari keadaan normal).

6. Kehilangan kesadaran atau pingsan
Saat jantung tak bisa memompa darah dengan baik, hal ini bisa disebabkan karena aliran darah terhalang arteri yang tersumbat atau adanya penyempitan katup jantung. Kalau kamu sering kehabisan napas atau mudah sekali pingsan, segera hubungi dokter untuk mengecek kondisi kesehatanmu.

7. Kulit tampak makin pucat
Kulit yang tampak lebih pucat bisa disebabkan karena berkurangnya aliran darah dan menurunnya jumlah sel-sel darah merah karena jantung yang tidak memompa darah dengan baik. Penampakan pucat bisa terlihat di seluruh tubuh atau area tubuh tertentu. Tapi nggak perlu gampang panik kalau kamu mengalaminya ya ladies, karena bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh faktor lain seperti karena anemia atau mengalami syok.

Itu tadi tujuh tanda umum yang bisa mengarah pada adanya masalah atau gangguan pada jantung. Kalau kamu mengalami tanda-tanda tersebut atau sering mengalami sebagian besar gejala di atas, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada! Ini 7 Tanda Jantung Tidak Bekerja dengan Normal

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top