Minggu, 20 Oktober 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada Gejala Batu Empedu Sama Seperti Maag

Rabu, 13 Des 2017 | 00:03 WIB Dibaca: 5178 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun terkadang batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat.

"Kantong empedu bisa menghasilkan batu empedu, paling sering disebabkan oleh kolesterol, makanya tidak disarankan makan-makanan mengandung kolesterol," kata Spesialis Penyakit Dalam dr Wismandari Wisnu.

Dijelaskan olehnya, batu yang bisa muncul di kantung empedu terbuat dari kolesterol 80 persen, ada juga yang terbuat dari kalsium, juga pigmen bilirubin.

"Penyebab lainnya, bisa juga karena infeksi. Contohnya, angka tifus di Indonesia tinggi, dan tifus yang berulang-ulang bisa jadi penyebab timbulnya batu empedu."

Yang perlu diwaspadai, dr Wismandari mengatakan, gejala batu empedu terkadang sama dengan gejala sakit maag. Untuk itu, perlu diwaspadai, jika gejala maag timbul perlu juga dicurigai adanya batu empedu.

"Keluhannya sama kayak maag, mual, muntah, tapi sakitnya lebih melebar sampai ke punggung. Yang bahaya gejalanya tanggung, kaya mual-mual muntah biasa. Maka dari itu saat gejala seperti ini timbul adalah keluhan perut, segera USG," katanya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada Gejala Batu Empedu Sama Seperti Maag

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top