Selasa, 22 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Waspada Gejala Batu Empedu Sama Dengan Maag

Kamis, 20 Sept 2018 | 00:03 WIB Dibaca: 2312 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun.

Namun, terkadang  batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, dan dapat bertahan selama hitungan jam.

Ukuran batu empedu juga bermacam-macam. Ada yang sekecil butiran pasir dan ada yang sebesar bola pingpong. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi. Misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak. Lalu, apa penyebab seseorang memiliki batu di kantong empedu?

Topik ini akan dibahas secara mendalam oleh dr Agastya Wisnu Wardana, SpPD-KGEH di acara Ayo Hidup Sehat.

Selain itu, ada pula topik lain yang bakal dikupas tuntas, kali ini oleh Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, yakni tentang kayu manis. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan rempah yang bernama kayu manis.

Kayu manis salah satu rempah yang bentuknya seperti kayu berwarna cokelat kemerahan. Biasanya kayu manis dijadikan campuran masakan atau minuman, karena memang memberi aroma yang khas sehingga banyak yang menyukainya.

Nah, ternyata di samping sebagai campuran masakan dan minuman, kayu manis juga  mengandung banyak sekali mineral penting, dari mulai kalsium, potassium, magnesium, zink, zat besi, mangan dan lainnya.

Kira-kira apa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari kayu manis jika dikonsumsi secara rutin? [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada Gejala Batu Empedu Sama Dengan Maag
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top