Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Room - Kesehatan - Hukum

Waspada, Ditemukan Otak-Otak Mengandung 'Borax' di Pasar Ramadan Serang

Sabtu, 03 Jun 2017 | 13:37 WIB Dibaca: 737 Pengunjung

BPOM Serang saat menguji sampel makanan di Mesjid Atsauroh, Serang, Jumat (2/6/2017)

SERANG, [NEWSmedia] – Makanan mengandung bahan berbahaya kembali ditemukan oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang. Dalam inspeksi dadakan jajanan Pasar Ramadan di Masjid Agung At-Tsauroh Kota Serang, menemukan satu jenis makanan yang mengandung borax, Jumat (2/6/2017)

Kepala BPOM Serang, Nurjaya Bangsawan mengatakan, pihaknya melakukan pengujian dengan mengambil 20 sampel dan ditemukan satu bahan yang berbahaya pada jajanan jenis otak-otak, yaitu borax.

“Kita lakukan sampling sebanyak 20 item yang ada disini, dan hanya satu yang mengandung bahan berbahaya, pengujian kita lakukan dengan repiteskit atau uji cepat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, 20 sample makan tersebut diantaranya tahu, kerupuk, acar cina, ketupat, kuning, cumi, ikan asin, kikil, somay dan otak-otak.

Borax itu biasa digunakan untuk membuat lem kayu, kosmetik dan racun serangga tentu bahaya untuk makanan karena akan menyebabkan kanker,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya kan menindak lanjuti temuan tersebut dengan memberikan sanksi secara administratif terhadap produsen yang telah membuat otak-otak tersebut.

“Kita akan beri peringatan secara sanksi administrasi, manakala kita tahu pabrikannya, dan terkumpul bukti yang cukup kita akan bawa ke sanksi pidana,” tegasnya. [Ahi]

Penulis: Ahi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Waspada, Ditemukan Otak-Otak Mengandung 'Borax' di Pasar Ramadan Serang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top