Jumat, 23 Oktober 2020 |
News Room - Peristiwa

Wartawan di Banten Geruduk Polresta Serang Kota

Sabtu, 21 Okt 2017 | 20:59 WIB Dibaca: 1108 Pengunjung

Puluhan wartawan yang melakukan unjuk rasa di alun-alun Kota Serang dan di depan kantor Polres Serang Kota, Sabtu (21/10/2017).

SERANG, [NEWSmedia] – Puluhan wartawan di Provinsi Banten melakukan unjuk rasa di alun-alun Kota Serang dan di depan kantor Polres Serang Kota, Sabtu (21/10/2017).

Unjuk rasa tersebut, merupakan buntut dari pemukulan oknum polisi terhadap wartawan media cetak Banten Pos saat unjuk rasa di depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten kemarin, Jumat (20/10/2017).

Koordinator aksi, Teguh Mahardika dalam orasinya mengatakan, aksi kekerasan terhadap awak media saat melakukan tugas peliputan tidak bisa dibenarkan. Terlebih awak media sudah menunjukan kartu identitasnya.

“Tapi nyatanya terjadi, wartawan yang sedang meliput tetap dipukul, ditendang meski sudah menunjukan id card pers,” kata Teguh.

Ia mengatakan, profesi wartawan bukanlah propesi hina yang melanggar hukum sehingga layak untuk mendapatkan perlakuan kekerasan, menurutnya, wartawan harus dijadikan mitra sebagai pilar demokrasi yang keempat.

“Petinggi kepolisian harus melakukan evaluasi karena sebelum kekerasan pada wartawan, karena sebelumnya, oknum polisi pun melakukan kekerasan terhadap siswa SMK di Kota Serang,” ujarnya.

Salah seorang masa aksi, Deni Saprowi, mengatakan, polisi sebagai pelindung masyarakat, seharusnya mampu mengayumi bukan malah memberikan contoh buruk dengan melakukan kekerasan.

“Proses rekrutmen di kepolisian perlu dipertanyakan,” tegasnya.

Dalam aksi tersebut ada dua hal yang disampaikan para wartawan, pertama mengecam aksi kekerasan oleh oknum aparat, dan menindak tegas aparat yang bersangkutan. [rbo]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wartawan di Banten Geruduk Polresta Serang Kota
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top