Minggu, 05 Juli 2020 |
News Room - Ekonomi

Warga: Gerak Harga Cabai Sudah Mirip Nilai Tukar Rupiah

Selasa, 28 Feb 2017 | 07:01 WIB Dibaca: 699 Pengunjung

Pedagang cabai di Pasar Mampang Jakarta Selatan.*

[NEWSmedia] - Harga cabai rawit merah saat ini kembali bertengger di atas Rp 100 ribu per kilogram (kg). Padahal minggu lalu di beberapa pasar di DKI Jakarta, harga cabai sudah mulai turun.  Contohnya di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga cabai sempat turun Rp 98 ribu per kg tetapi kembali naik ke angka Rp 100 ribu per kg.

Fluktuasi harga cabai tersebut tak hanya dikeluhkan oleh para pedagang tetapi juga masyarakat atau konsumen cabai rawit merah. Salah satu warga yang tengah berbelanja di Pasar Mampang, Yemima (38) mengatakan, dirinya gemar membuat masakan pedas.

Mahalnya harga cabai rawit ini menjadikan dirinya terpaksa mensiasati dengan menggunakan cabai bubuk yang harganya lebih lebih murah dan lebih stabil.

"Indonesia itu negara yang identik dengan cabai, yang pedas-pedas, tapi kok pemerintah sampai sekarang tidak bisa menurunkan dan menstabilkan harganya," ujar dia saat berbincang dengan Lpt, Senin (27/2/2017). "Lama-lama harga cabai kok sama seperti pergerakan rupiah, naik turun cepet banget," imbuh dia.

Tak jauh berbeda dengan apa yang diungkapkan Yemima, ?warga lain Rahayu (45) mengaku meski dirinya tidak selalu memasak dengan menggunakan cabai, namun pergerakan harga canai itu menjadi bahan komentarnya terhadap pemerintahan. "Menterinya sudah berkali-kali diganti, reshuffle, ini kok harga di pasar masih aja naik, apalagi cabai itu," tambahnya.

Seperti diketahui, dari pantauan Lpt di Pasar Mampang, untuk harga cabai rawit merah mencapai Rp 100 ribu per kg. Harga ini kembali mengalami kenaikan Rp 2.000? setelah sebelumnya diharga Rp 98 ribu per kg.

Sementara untuk cabai merah keriting, cabai merah besar dan cabai rawit hijau masing-masing tetap di harga Rp 45 ribu per kg, 40 ribu per kg dan 95 ribu per kg. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Warga: Gerak Harga Cabai Sudah Mirip Nilai Tukar Rupiah

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top