Jumat, 26 April 2019 |
News Room - Pemerintahan

Wali Kota Serang Juga Dibelikan Mobil Dinas Mewah Seperti Bupati Pandeglang

Selasa, 19 Mar 2019 | 20:54 WIB Dibaca: 284 Pengunjung

Kendaraan dinas baru Wali Kota Serang, Syafrudin terparkir di halaman kantor wali kota.*

SERANG, [NEWSmedia] - Jika sebelumnya Bupati Pandeglang, Irna Narulita menjadi sorotan karena dibelikan kendaraan dinas (randis) baru senilai Rp1,9 miliar, kini giliran Wali Kota Serang, Syafrudin. Dia juga mendapat randis baru dengan jenis yang sama seperti mobil dinas Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Mobil dinas baru berjenis Jeep untuk Wali Kota Serang Syafrudin itu dibeli menggunakan ABPD Kota Serang tahun anggaran 2018. Jenis kendaraanya serupa dengan mobil dinas Bupati Pandeglang, Irna Narulita, yakni Land Cruiser Prado.

Kepada NEWSmedia, Syafrudin mengatakan pembelian modil dinas tersebut sudah dianggarkan pada tahun 2018, sebelum dirinya terpilih dan dilantik menjadi Wali Kota Serang. Diketahui, Syafrudin dilantik menjadi Wali Kota Serang bersama wakilnya Subadri Usuludin pada awal Desember 2018.

“Pembelian mobil (Land Cruiser Prado) itu udah dianggarkan pada saat pemerintahan sebelumnya (wali kota sebelumnya), cuma baru terealisasikan sekarang,” kata Syafrudin, saat diwawancara, Selasa (19/3/2019).

“Jadi saya hanya menerima apa yang diberikan oleh pemkot,” tutur Syafrudin menegaskan.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Pemerintah Kota Serang, Koswara Mulyana menjelaskan, pembelian kendaraan dinas sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Standardisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah.

Peraturan itu, kata dia, membolehkan kepala daerah memiliki maksimal dua kendaraan dinas berjenis sedan dan jeep. Selain itu, dalam Permendagri tersebut, tidak ada aturan harga maksimal.

“Kendaraan jeep itu maksimal CC-nya 3.000, kendaraan Land Cruiser Prado Wali Kota itu CC-nya 2.700. Artinya, tidak melebihi CC maksimal,” ujarnya.

Koswara mengungkapkan, kendaraan dinas jenis sedan yang sebelumnya memang masih ada, tetapi kondisinya tidak baik. Sehingga, sejak dilantik pada Rabu 5 Desember 2018), Wali Kota Serang Syafrudin menggunakan mobil pribadi Toyota Fortuner.

Ia pun menegaskan, proses pengadaan tidak ada yang melanggar aturan, karena melalui proses lelang yang bisa diikuti oleh semua orang. “Kalau di bawah Rp 200 juta bisa penunjukan langsung. Makanya, kami kemarin menggunakan proses lelang,” ujarnya.

Sementara untuk kendaraan dinas Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin juga akan dilakukan pengadaan pada Mei mendatang. “Kalau pak wakil kan sekarang ada Pajero Sport, nanti kemungkinan bulan Mei mobil jenis sedan,” ungkapnya. [adi]

Penulis: Muhammad Adi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wali Kota Serang Juga Dibelikan Mobil Dinas Mewah Seperti Bupati Pandeglang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top