Sabtu, 24 Agustus 2019 |
News Room - Politik

Wali Kota Serang Dilaporkan ke Panwaslu

Jumat, 20 Jul 2018 | 20:03 WIB Dibaca: 521 Pengunjung

LO paslon nomor urut tiga memutarkan pernyataan Wali Kota Serang, TB Haerul Jaman di DPW PPP Provinsi Banten, Jumat (20/7/2018) petang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Liaison Officer (LO) paslon nomor urut tiga, Syafrudin-Subadri melaporkan Wali Kota Serang, TB Haerul Jaman ke Panwaslu Kota Serang.

Lo paslon nomor urut tiga, Ahmad Mulyani mengatakan, laporan tersebut berkaitan dengan dugaan pelanggan yang dilakukan oleh Wali Kota Serang tentang netralitas ASN di Pilkada 2018.

"Hari ini kami sudah melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Bapak TB Haerul jaman sebagai Wali Kota Serang dengan nomor laporan 112/pwkota/101/7/2018 ke Panwaslu Kota Serang," kata Mulyani saat jumpa pers di DPW PPP Provinsi Banten, Jumat (20/8/2018) petang.

Ia menjelaskan, pihaknya melaporkan pernyataan Wali Kota Serang pada tanggal 4 Juli 2018 yang menyebutkan bahwa dirinya (Wali Kota Serang) sebagai kader partai Golkar dan pendukung Paslon nomor urut satu, Vera-Nurhasan.

"Di gedung DPRD Kota Serang Pak Jaman mengadakan konferensi pers didampingi Ketua DPRD Kota Serang Pak Namin, Pak Jaman mengatakan 'kami selaku kader Golkar dan seluruh tim Paslon satu (sambil menunjuk ke Pak Namin) menyatakan bahwa beliau masih belum mengakui kemenangan Paslon 3', bahasanya kita tunggu hasil KPU, jadi yang harus digaris bawahi beliau di situ sebagai Wali Kota Serang yang mengatakan seperti itu," jelasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Paslon nomor urut tiga, Ihsan menuturkan, dalam Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2016 tentang Pilkada dan Kode Etik ASN menyebutkan, setiap ASN wajib menjaga netralitasnya selama pelaksanaan Pilkada.

"Yang kita tekankan dalam laporan itu, sepatutnya Pak Jaman menjaga netralitasnya tidak mengatakan dukungan secara terbuka, mengingat sebagi wali kota yang seharusnya menegakan kode etik selama Pilkada," tuturnya.

Selain itu, ia juga berharap agar Panwaslu Kota Serang untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut untuk mengetahui kapasitas TB Haerul Jaman saat memberikan pernyataan seperti tersebut di atas.

"Kami serahkan semuanya ke Panwaslu, kami hanya menuntut keadilan dan ingin memberikan pelajaran tentang netralitas ASN," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wali Kota Serang Dilaporkan ke Panwaslu
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top