Jumat, 20 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Wajib Tahu, Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Anemia

Jumat, 01 Jun 2018 | 00:09 WIB Dibaca: 177 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Berpuasa diyakini dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Namun, terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang tidak dapat berpuasa dan jika ingin berpuasa, maka membutuhkan perhatian yang lebih. Salah satu kondisi medis yang membutuhkan perhatian lebih saat bulan puasa adalah anemia.

Anemia atau yang dikenal masyarakat awam sebagai kurang darah merupakan suatu kondisi ketika jumlah sel darah merah sehat di dalam tubuh tidak mencukupi, sehingga hantaran oksigen dan nutrisi ke jaringan-jaringan sel di seluruh tubuh pun menjadi terhambat.

Gejala yang dapat ditimbulkan anemia antara lain seperti lemah, lesu, pucat, pusing, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, jantung berdebar, dan sesak napas. Lalu bagaimana solusinya agar penderita anemia dapat beribadah puasa dengan aman?

Menurut dr Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, FINASIM, sebelumnya harus dilihat terlebih dahulu apa penyebab anemia yang diderita seseorang, apakah karena kurang zat besi atau karena penyakit kronis. Jika dikarenakan kekurangan zat besi, maka penderita anemia dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau (brokoli, bayam, kangkung dan lain-lain), serta hati.

"Tapi hindari kopi dan teh karena bisa mengganggu penyerapan zat besi. Padahal zat besi adalah salah satu bahan dasar untuk produksi sel darah merah," ujar Wismandari.

Selain itu, ia juga mengatakan, bahwa penderita anemia disarankan untuk tidur cukup di bulan Ramadan. Itu karena penderita anemia sering merasa lemas, sehingga tidur cukup saat puasa akan membantu memulihkan sel-sel di dalam tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik.

"Tapi tidur siang tidak disarankan lama-lama biar tidak malah jadi lemas. 1-2 jam saja," ucapnya.

Selain makan, tidur dan istirahat yang baik, ia juga mengingatkan agar penderita anemia tidak sembarangan mengonsumsi suplemen zat besi.

"Kalau memang sudah tau HB-nya (hemoglobin) rendah, pastikan dulu jenis anemia yang mana, karena tidak semua anemia bisa diperbaiki dengan suplemen zat besi. Jangan sembarangan minum suplemen. Kalau zat besi menumpuk juga tidak baik," kata dia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wajib Tahu, Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Anemia

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top