Minggu, 24 Januari 2021 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Wahidin Halim: Terima Kasih Kepada Rakyat Banten

Sabtu, 18 Feb 2017 | 10:27 WIB Dibaca: 2030 Pengunjung

Wahidin Halim.*

TANGERANG, [NEWSmedia] - Penghitungan suara hasil Pilkada Banten 2017 berdasarkan real count KPU sudah mencapai 99,75 persen. Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Wahidin Halim-Andika Hazrumy unggul dari pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief dengan selisih 1,88 persen suara.

Hingga Sabtu (18/2/2017), dari jumlah total 16.540 TPS, sudah masuk data dari 16.498 TPS. Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) meraih 2.400.653 suara (50.94%), sedangkan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief (Rano-Embay) mendapat 2.312.243 suara (49.06%).

Selisih suara pasangan WH-Andika dengan pasangan petahana Rano-Embay yakni sebanyak 88.410 suara (1,88 %).

Menanggapi hasil penghitungan tersebut, calon Gubernur Banten Wahidin Halim mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banten yang telah berpartisipasi memberikan hak suaranya pada Pilkada Banten 2017.

“Kita menyambut kemenangan yang tinggal disahkan ini. Terimakasih kepada rakyat banten. Kepada penyelenggara pemilu, pemerintah dan semua pihak atas partisipasinya pada Pilgub Banten 2017 yang telah berjalan lancar dan aman. Mari tetap kita jaga suasana kondusif ini,” kata Wahidin Halim, dalam jumpa pers di kediamannya di kawasan Pinang, Kota Tangerang, Jumat (17/2/2017) malam.

Wahidin yang merupakan Wali Kota Tangerang periode 2003-2013 ini juga meminta agar semua pihak mentaati kesepakatan dan aturan main, termasuk kepada pasangan Rano-Embay yang telah sama-sama berkomitmen untuk siap menang dan siap kalah.

“Tentu lebih elok jika menerima kekalahan dan kemenangan dengan lapang dada,” tutur Wahidin.

Selanjutnya, pasangan WH-Andika pun akan mengikuti semua proses yang tersisa, yang telah dijadwalkan oleh penyelenggara. Wahidin meminta tim, relawan dan simpatisan untuk terus mengawal hingga pleno penetapan KPU Banten.

“Kami juga meminta agar semua pihak tidak ada yang curang, karena secara samar kami telah menangkap ada upaya-upaya yang mempersiapkan skenario dengan menggalang opini ada kecurangan dari pihak kami, serta gerakan-gerakan memobilisasi massa yang cenderung destruktif. Apalagi menuntut pemungutan suara ulang adalah jelas sangat mengada-ada,” ujar Wahidin.

Berita terkait: Kalah 1,88% di Pilkada Banten, Rano-Embay Cari Celah di Kota Tangerang dan Serang

“Kami tegaskan, kami telah ikut aturan main. Kami tunduk dan patuh pada undang-undang dan aturan. Kami malah sesungguhnya adalah penantang yang melawan petahana. Aneh jika kecurangan justru diskenariokan ke kami. Oleh karena itu, kami mohon agar KPU Banten dan Bawaslu untuk benar-benar netral menjalankan tupoksi sesuai ketentuan yang berlaku,” sambungnya.

Secara khusus, Wahidin juga meminta agar Bawaslu Banten untuk menindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan calon nomor 2, Rano-Embay dan disampaikan ke publik. “Hal ini penting agar pemberitaan lebih objektif serta sebagai pembelajaran demokrasi ke depan,” ucapnya. [ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wahidin Halim: Terima Kasih Kepada Rakyat Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top