Selasa, 19 Juni 2018 |
News Room - Pemerintahan

Wahidin-Andika Menata Birokrasi, Pejabat Pemprov Banten Mulai Dirotasi

Jumat, 06 Apr 2018 | 14:46 WIB Dibaca: 999 Pengunjung

Gubernur Banten Wahidin Halim (kanan) dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (kiri). (Foto: Dokumentasi Liputan Biro ARTP Banten).

SERANG, [NEWSmedia] - Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy mulai melakukan pembenahan dan penyegaran birokrasi. Sebanyak 98 pejabat, pada Jumat pagi (6/4/12018), dirotasi dan dimutasi untuk menjalankan tugas di tempat baru.

Rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Banten memang sudah lama ditunggu-tunggu, khususnya oleh pegawai di Pemprov Banten, termasuk para pejabatnya sendiri. Karena sejak dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 pada Mei 2017, Wahidin-Andika belum banyak merotasi atau mengganti pejabat, hanya beberapa yang ditempatkan untuk mengisi jabatan yang kosong.

Pada Jumat pagi (6/4/2018) akhirnya ada pengumuman rotasi. Sebanyak 98 pejabat pun diganti dan dimutasi. Mereka terdiri dari pejabat eselon III sebanyak  51 orang dan pejabat eselon IV sebanyak 47 orang.

51 jabatan eselon III yang dirotasi terdiri dari Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Balai dan Kepala UPT (Klik di sini). Sementara jabatan eselon IV nya yaitu jabatan Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian (Lihat di sini).

Sebagian besar pejabat yang dilantik tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa akan dirotasi dan dilantik hari ini. Mereka baru mendapat undangan pelantikan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pada pagi tadi.

“Saya tahu akan dilantik setelah menerima surat undangan pelantikan dari BKD tadi pagi, satu jam sebelum pelantikan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Dadang Iskandar yang dilantik menjadi Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Banten.

Dadang mengatakan, sebagai aparatur sipil negara (ASN) dirinya akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. “Sebagai ASN tentu saya siap bekerja dalam jabatan apapun sebagai salah satu kepatuhan menjalankan amanah sesuai keputusan pimpinan,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Banten Asep Mulya Hidayat. Ia juga mengaku mendapat surat undangan pelantikan dari BKD Provinsi Banten sebelum pelantikan pagi tadi.

“Saya tahu tadi pagi setelah dapat undangan. Tadinya mau ke Damkar Tangerang Raya, langsung ke pendopo. Sempat monitor melalui IG (Instagram) peliputan provinsi,” kata Asep yang diangkat menjadi Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Bagi Asep, jabatan baru tersebut adalah amanah. “Jadi saya siap di manapun ditugaskan, nggak pernah mengeluh karena saya bekerja demi amanah orang tua. Saya jadi ASN karena amanah orang tua,” tuturnya.

Pejabat eselon II yang menghadiri pelantikan pejabat eselon III dan IV di Aula Pendopo Gubernur Banten, Jumat (6/4/2018) pagi.*

Pelantikan pejabat Pemprov Banten kali ini diperkirakan adalah rotasi tahap awal, karena masih ada sekitar 40 jabatan eselon II dan 300-an jabatan eselon III serta 600 lebih jabatan eselon IV di lingkungan Pemprov Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim pun meminta pejabat yang dilantik agar melaksanakan tugas dengan baik. “Kerja, kerja dan kerja sesuai sumpah dan janji sebagai ASN,” kata Wahidin Halim saat memberikan sambutan dalam pelantikan tadi pagi.

Menurut dia, rotasi dan mutasi yang dilakukan ini adalah dalam rangka reformasi birokrasi, dan penempatan pejabat dilakukan sesuai hasil assessment.

“Tidak ada saya orang sekda, saya orang Andika, tidak ada. Semua sama, jangan mengkotak-kotakan diri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Wahidin, seraya berharap pejabat yang ditugaskan di tempat baru agar bisa bekerjasama menjalankan program kerja. [idr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Wahidin-Andika Menata Birokrasi, Pejabat Pemprov Banten Mulai Dirotasi
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top