Jumat, 24 November 2017 |
News Room - Highlight - News Community

Untuk Verifikasi SMSI, 31 Media Online di Banten Siap Diserahkan ke Dewan Pers

Sabtu, 19 Agt 2017 | 06:48 WIB Dibaca: 321 Pengunjung

Ketua SMSI Banten Junaidi menyerahkan data dan dokumen perusahaan media online di Banten kepada Sekretaris Jenderal SMSI Pusat di Sekretariat SMSI Banten, Jumat (20/8/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten telah menyerahkan data dan dokumen perusahaan media siber atau media online di Provinsi Banten untuk melengkapi persyaratan pendaftaran SMSI ke Dewan Pers.

Dari 70 perusahaan media online di Banten yang datanya sudah diterima SMSI Provinsi Banten, 31 perusahaan media online sudah melengkapi pemberkasan sesuai aturan Dewan Pers.

Sementara 23 media online masih kurang pemberkasan serta 1 media belum berbadan hukum (Perserorang Terbatas) dan 15 media online belum memiliki badan hukum.

Data dan dokumen perusahaan media online di Banten tersebut diserahkan langsung oleh Ketua SMSI Banten Junaidi kepada Sekretaris Jenderal SMSI Pusat di Sekretariat SMSI Banten, di Jalan Jenderal Soedirman, Kota Serang, Jumat (20/8/2017).

“Meski berkas sudah diberikan ke pusat (SMSI Pusat), ini hanya gelombang awal. Untuk yang masih kurang berkasnya silakan segera dilengkapi, dan media yang belum terdaftar di SMSI Banten, segera daftar," kata Junaidi.

Ia menjelaskan, penyerahan data berikut dengan dokumen perusahaan media online tersebut dilakukan sebagai persyaratan didaftarkannya organisasi SMSI ke Dewan Pers.

“Sebagaimana amanat Rakernas SMSI di Surabaya akhir Juli lalu, SMSI akan menyerahkan daftar keanggotaan (perusahaan media online) di seluruh provinsi di Indonesia,” terang Junaidi.

Junaidi mengatakan, apabila SMSI telah didaftarkan ke Dewan Pers, selanjutnya organisasi yang menaungi perusahaan media siber atau media online di Indonesia itu akan menjadi perpanjangan Dewan Pers dalam melakukan verifikasi media di daerah.

“SMSI adalah perpanjangan tangan dari Dewan Pers untuk membantu media siber bila ingin terverifikasi di Dewan Pers,” tutur Junaidi.

Junaidi mengungkapkan, di Banten sudah ada enam media siber atau media online yang telah terverifikasi di Dewan Pers. “Enam perusahaan media itu juga tergabung dalam keanggotaan SMSI Banten. Mereka sudah lebih dulu mengurus sebelum SMSI terbentuk, dan sudah diverifikasi Dewan Pers,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal SMSI Pusat, Firdaus mengapresiasi langkah SMSI Provinsi Banten yang cepat menghimpun data dan dokumen perusahaan media online di Banten.

Firdaus juga berharap agar pemilik media siber di seluruh Indonesia khususnya wilayah Banten dapat bergabung di SMSI.

"SMSI Banten termasuk cepat dan progres. Berkas yang saya terima ini nantinya juga akan kita proses untuk terverifikasi di Dewan Pers,” kata Firdaus. [idr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Untuk Verifikasi SMSI, 31 Media Online di Banten Siap Diserahkan ke Dewan Pers

BERITA TERKAIT

Top