Sabtu, 23 Juni 2018 |
News Room - Pendidikan

Untirta Ingin Banten Jadi Pusat Unggulan Ketahanan Pangan Nasional

Rabu, 18 Okt 2017 | 16:44 WIB Dibaca: 638 Pengunjung

Rektor Untirta, Prof Soleh Hidayat dan Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Menristek Dikti, Prof. Ocky Karna Radjasa saat jumpa pers di Le Dian Hotel Kota Serang, Rabu (18/10/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bertekad untuk menjadikan Provinsi Banten sebagai pusat unggulan ketahanan pangan di Indonesia.

Rektor Untirta, Prof. Soleh Hidayat menilai, Banten merupakan salah satu daerah yang mempunyai lahan yang luas termasuk pantai terpanjang di Indonesia.

"Maka hal itu harus direspon oleh Untirta, agar ketahanan pangan di Banten betul bermanfaat dan bisa dijaga keberlangsungannya," kata Soleh saat jumpa pers di Le Dian Hotel Kota Serang, Rabu (18/10/2017).

Ia mengatakan, sejauh ini, Banten telah mengalami pembangunan yang besar, sehingga banyak lahan yang beralih fungsi, dengan demikian, pihaknya selaku perguruan tinggi, mempunyai tanggung jawab moral agar ketahanan pangan di Banten terjaga, bahakan menjadi stok nasional.

"Sekaligus untuk pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, agar ketaahanan pangan ini menjadi pusat unggulan sebagaimana yang diharapakan oleh pemerintah," jelasnya.

Ia berharap, dengan bebagai potensi yang dimiliki oleh Banten, agar tidak tergerus oleh kebijakan pemerintah yang dapat mengurangi kekayaan yang dimiliki Banten tersebut.

"Seperti Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang dalam orientasi pembangunannya untuk pertanian dan pariwisata, maka harus didukung dengan regulasi yang bisa menjaga posisi itu," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Prof. Ocky Karna Radjasa, mendukung program tersebut, sebab menurutnya, Untirta sebagai salah satu perguruan tinggi yang terlibat di dalamnya.

"Kebetulan didalam rencana induk riset Nasional dalam tahun 2017-2045 adalah Food Security dan agrikultur menjadi prioritas, jadi kami sangat mendukung, oleh karena itu kita dorong agar hasil riset tidak hanya berhenti di publikasi tapi untuk menghasilkan produk riset yang diterapkan khususnya potensi Banten sebagai bidang pertanian," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Untirta Ingin Banten Jadi Pusat Unggulan Ketahanan Pangan Nasional

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top