Kamis, 13 Mei 2021 |
News Room - Pendidikan

Universitas Pamulang di Tangsel Larang Mahasiswinya Bercadar, Kenapa?

Selasa, 08 Agt 2017 | 20:07 WIB Dibaca: 1435 Pengunjung

ilustrasi.*

TANGSEL, [NEWSmedia] - Tak lama setelah pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), pihak rektorat kampus Universitas Pamulang (Unpam) melarang mahasiswi menggunakan hijab bercadar. 

Larangan itu pun tertuang dalam SK. Rektor Nomor : 338/A/U/Unpam/V/2017. Meski di dalamnya mengatur secara umum tentang tata berbusana perkuliahan. Namun, di sana terdapat penegasan jika hijab yang bercadar tidak diperkenankan bagi seluruh mahasiswinya.

Saat akan di konfirmasi terkait kebijakan itu, pihak Rektorat maupun Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan sedang tak berada di ruangan. Beberapa staf yang ditemui pun tak berani berkomentar, mereka hanya menyarankan menemui langsung pihak Rektorat.

"Nanti langsung temui Rektor atau Warek-nya saja mas, kebetulan pak Rektor sedang ada pertemuan di Bandung, pak Warek bidang kemahasiswaan juga lagi di luar, jadi nggak ada di tempat. Kalau kita nggak berani komentar tentang itu," ujar salah satu Staf Bagian Kepegawaian Unpam, Selasa (8/8/2017).

Pantauan wartawan di area kampus, banyak didapati standing banner serta spanduk yang berisi tentang larangan mengenakan cadar. Sejumlah mahasiswa dan mahasisiwi yang ditemui mengaku, jika peraturan larangan mengenakan cadar mulai diterapkan beberapa bulan lalu, yakni sebelum memasuki bulan Ramadan.

"Kebijakan itu resmi dari pihak Rektorat, mulai diterapkan sekira bulan Mei-Juni lalu, waktu itu sedang ramai masalah pembubaran HTI," kata salah satu mahasiswa semester 5, Fauzi.

Alasannya, lanjut dia, yaitu untuk menjaga etika saat berkomunikasi dan tatap muka. "Di Fakultas dan Jurusan juga sudah ada sosialisasinya," tambah mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpam tersebut. [okz]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Universitas Pamulang di Tangsel Larang Mahasiswinya Bercadar, Kenapa?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top