Rabu, 18 September 2019 |
News Room - Politik

Wahidin Halim: Rano-Embay Legowo Lah, Capek Kalau Gugat-gugatan

Jumat, 17 Feb 2017 | 15:19 WIB Dibaca: 1248 Pengunjung

Illustrasi

SERANG, [NEWSmedia] - Pilkada serentak 2017 di 101 daerah telah usai. Ada yang sudah ditentukan pemenangnya, ada yang belum dan harus mengikuti putaran kedua, seperti Pilkada DKI Jakarta misalnya.

Kini setelah Pilkada, Mahkamah Konstitusi (MK) siap-siap menerima gugatan jika ada yang merasa Pilkada 15 Februari 2017 lalu tak terima dengan hasilnya.

Tapi tentunya jika ada gugatan, apalagi membutuhkan waktu lama, putaran kedua bisa-bisa diundur yang awalnya dijadwalkan 19 April, menjadi bulan Juni mendatang.

Seperti pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif di Pilkada (Pilgub) Banten. Mereka kalah tipis dari Wahidin Halim-Andika Hazrumy jika melihat hasil quick count.

Namun mereka tetap ingin lebih dulu melihat hasil resmi penghitungan manual KPU. Jika ditemukan kecurangan, mereka mengaku siap memperkarakannya ke MK.

“Kami dalam posisi siap jika harus berperkara di Mahkamah Konstitusi karena konstitusi menang dan kalah ini di bawah satu persen, karena menurut peraturan MK pemilih di atas 5 juta kalau selisihnya 1 persen bisa mengajukan gugatan," kata Ahmad Basarah, Ketua Tim Kampanye Rano-Embay.

Hal ini tentu mencuatkan respons dari pihak Wahidin-Andika. Kalaupun hasilnya diperkarakan, Wahidin juga mengaku siap menghadapi Rano di MK.

“Rano-Embay legowo lah. Capek kan kalau gugat-gugat. Kan sudah tanda tangan kesepakatan. Siapapun dan berapapun angka kemenangannya, akan diterima. Itu tanggung jawab moral, lho,” cetus Wahidin.

Sementara pihak manapun juga bisa mengajukan gugatan ke MK terhadap KPU. Ketua KPU Juri Ardiantoro, menyatakan bahwa mereka siap meladeni gugatan dari mana saja.

"KPU menyiapkan pertama bahwa sangat mungkin hasil pilkada akan digugat dan kita sudah tahu ada mekanismenya perselisihan hasil pilkada di MK,” tutur Juri.

“Yang paling penting adalah KPU bisa menunjukkan apa yang sudah dilakukan itu benar dari proses awal hingga hasil ditetapkan itu benar," tandasnya. [okz]

Penulis: Okz
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Wahidin Halim: Rano-Embay Legowo Lah, Capek Kalau Gugat-gugatan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top