Senin, 16 Juli 2018 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Unggul di Pilkada Kota Serang, Pencalonan Syafrudin-Subadri Diminta Dibatalkan

Senin, 02 Jul 2018 | 06:58 WIB Dibaca: 525 Pengunjung

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut tiga, Syafrudin-Subadri. [dok]

SERANG, [NEWSmedia] - Tim advokasi paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut satu, Vera-Nurhasan, Ferry Renaldy meminta kepada Panwaslu Kota Serang untuk membatalkan pencalonan paslon nomor urut tiga, Syafrudin-Subadri.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Ferry, lantaran paslon tersebut, diduga telah melakukan money politic atau politik uang dalam pelaksanaan Pilkada Kota Serang 2018.

"Kami meminta pembatalan terhadap paslon nomor urut tiga, karena OTT dugaan politik uang sudah direkomendasikan Gakumdu dan ada dugaan tindak pidana dan langsung di alihkan ke Polres Serang Kota dan kami meminta kepada penyidik, harus profesional dan netral, gali informasinya, karena kami yakin akan ada sumber uangnya berasal dari mana," kata Ferry di Kantornya, Minggu (1/7/2018) malam.

Ia menjelaskan, dalam UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilu dan Peraturan KPU nomor 4 tahun 2017 disebutkan, sanksi terhadap pelaku politik uang adalah pembatalan pencalonan dan sampai dikenai sanksi pidana.

BACA JUGA: Quick Count Pilkada Kota Serang: Syafrudin-Subadri Menang Tipis dari Vera-Nurhasan

"Pasal 78 PKPU nomor 2016 disebutkan bahwa partai politik atau gabungan partai politik dan atau pasangan calon atau tim kampanye yang terbukti sebagaiman di maksud dalam pasal 71, berdasarkan keputusan Bawaslu provinsi atau Panwaslu kabupaten/ kota dikenai sanksi pembatalan sebagai pasangan calon oleh KPU provinsi atau KPU kabupaten/ kota dan dikenai sanksi pidana berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya meminta kepada Panwaslu Kota Serang untuk tetap memantau perkembangan kasus dugaan politik uang yang dilakukan oleh Paslon nomor tiga tersebut, yakni pasangan Syafrudin-Subadri.

BACA JUGA: Hitung Cepat Sementara KPU Kota Serang: Syafrudin-Subadri Masih Ungguli Vera-Nurhasan

"Pamwaslu untuk tetap memantau perkembangan dugaan money politic yang saat ini sudah dilimpahkan ke Polres Serang Kota dan kalau terbukti kami sudah minta ke Panwaslu untuk membatalkan pasangan calon yang bersangkutan, bukan pembatalan kemenangan, karena belum ditetapkan," terangnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, pihaknya telah melaporkan dugaan pelanggaran sebanyak 52 laporan ke Panwaslu Kota Serang.

"Rinciannya, 44 kami melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakuikan oleh Paslon nomor urut tiga dan delapan laporan untuk paslon nomor dua," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Harga Emas Antam Merosot Rp3.000 per Gram
Minggu, 15 Jul 2018 | 07:02 WIB
Harga Emas Antam Merosot Rp3.000 per Gram
50 Bacaleg PKS Daftar ke KPU Kabupaten Serang
Sabtu, 14 Jul 2018 | 11:23 WIB
50 Bacaleg PKS Daftar ke KPU Kabupaten Serang

KOMENTAR

Unggul di Pilkada Kota Serang, Pencalonan Syafrudin-Subadri Diminta Dibatalkan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top