Kamis, 18 Oktober 2018 |
News Room - Pemerintahan

Tunggak Air PDAM? Siap-Siap Dicabut

Senin, 30 Jan 2017 | 15:30 WIB Dibaca: 1019 Pengunjung

Site Plan PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Imbas dari tunggakan pembayaran rekening PDAM yang mencapai Rp25 Milyar, 50 sambungan air pelanggan dicabut oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Albantani Kabupaten Serang. 

Ketegasan PDAM tersebut akibat pelanggan air PDAM tidak membayar tepat waktu dan menunggak selama berbulan-bulan. Hingga saat ini, baru sekitar 50 sambungan air pelanggan dicabut, dan masih ada ratusan pelanggan lainnya yang sedang dalam proses pencabutan, jika masih tetap menunggak.

Total tunggakan pelanggaran PDAM yang mencapai Rp25 miliar tersebut, diungkapkan oleh Direktur PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang Wahyu Prihantono.

”Kurang lebih ada 50 pelanggan yang sudah diberikan sanksi tegas dengan cara mencopot saluran air. Sanksi tersebut berlaku bagi semua pelanggan, baik lama maupun yang baru. Tidak ada toleransi bagi pelanggan menunggak selama dua bulan berturut-turut, langsung kami cabut,” katanya.

Kebijakan tersebut, menurut Wahyu, untuk memberikan efek jera pada pelanggan air bersih. Selain itu, proses pencabutan bisa mendorong konsumen untuk segera membayar kewajiban pada PDAM sesuai waktu yang ditentukan. 

”Para pelanggan mulai merasakan ketegasan kami, sehingga mereka mau membayar tepat pada waktunya,” ujarnya. 

Sebelum adanya ketegasan dan sanksi cabut paksa dari PDAM, tunggakan pelanggan mencapai Rp28 miliar. 

”Itu sisa tunggakan yang ditinggalkan pada masa kepemimpinan sebelum saya menjabat, dengan ketegasan yang diberlakukan setidaknya mengurangi tunggakan. Perlahan dan pasti serapan piutang alhamdulillah terus berkurang,” tuturnya. 

Hingga saat ini, pihaknya masih terus merekap ulang jumlah pelanggan yang menunggak. Itu dilakukan untuk memastikan dan membedakan antara penunggak murni dengan penunggak yang memang tidak mendapatkan air. 

”Kami sedang memverifikasi mana tunggakan yang memang harus diambil (cabut), mana yang memang harus dibebaskan, tentunya dengan alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan,” katanya. [kbc]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tunggak Air PDAM? Siap-Siap Dicabut

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top