Sabtu, 29 Februari 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tujuh Manfaat Makan Buah Dengan Kulitnya

Minggu, 18 Des 2016 | 00:06 WIB Dibaca: 589 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang sangat baik dalam memberikan nutrisi tubuh. Kandungan vitamin, mineral dan beberapa zat lain didalamnya mampu memberikan efek positif pada tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar. Ketika memakan buahan-buahan ini adakalanya memang harus dikupas kulitnya akan tetapi terdapat juga yang tidak perlu dikupas kulitnya.

Sebagian orang masih begitu risih ketika apel, jambu, anggur, blueberry, strawberry bersamaan dengan kulitnya. Padahal kulit buah mengandung banyak serat yang dapat mebantu melancarkan fungsi pencernaan dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari beberapa buah yang dimakan bersamaan dengan kulit buahnya.

1. Sumber Fitokimia
Warna-warni buah yang begitu indah tersebut memiliki kandungan fitokimia yang cukup. Zat ini dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang utuh dalam tubuh kita.

2. Sumber Antioksidan
Terdapat beberapa kulit buah yang kaya antioksidan seperti tannin, antosianin , catechin dan lain-lain. Antioksidan dikenal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu membantu menangkal dari radikal bebas.

3. Sumber Serat
Beberapa buah-buahan seperti apel merah mengandung serat larut yang dapat mengatasi permasalahan pada percernaan. Selain itu kandungan dari apel juga dapat menjaga kadar kolesterol dan membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

4. Kontrol Kalori
Manfaat lainnya adalah dapat digunakan untuk mengontrol kalori yang masuk dalam tubuh. Kalori termasuk bagian yang menjadi pemicu bertambahnya berat badan. Dengan hal ini secara tidak langsung kulit buah yang ikut termakan dapat membantu mengendalikan berat badan dan mempercepat proses diet.

5. Sumber Mineral dan Vitamin
Buah jambu dan jeruk, kulit kedua buah ini mengandung unsure mineral dan vitamin yang cukup. Serta beberapa kandungan lain seperti zat besi dan kalium.

6. Obat alami Alzheimer
Selain menggunakan obat-obatan, kulit buah anggur mengandung resveratrol , yang merupakan fitokimia yang tidak hanya membantu pasien penyakit ini , tetapi juga mencegah kanker dan penyakit jantung.

7. Mengurangi peradangan
Selain kandungan vitamin A dan C juga mengandung antioksidan khusus yang dapat mengurangi peradangan. [okm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tujuh Manfaat Makan Buah Dengan Kulitnya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top