Kamis, 09 Juli 2020 |
News Gallery - Tekno

Trik Sederhana Atasi Rem Motor Bunyi Berdecit

Selasa, 07 Mar 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 2501 Pengunjung

rem cakram motor bunyi berdecit.*

[NEWSmedia] - Rem menjadi salah satu komponen paling penting yang wajib berfungsi dengan baik pada kendaraan. Tanpa adanya rem, maka kendaraan akan sulit dikendalikan. Saat ini, kebanyakan sepeda motor yang dijual sudah menggunakan rem berbentuk cakram. Berbeda dengan jenis teromol, rem cakram memiliki keunggulan dalam hal bobot, performa dan daya tahan.

Meski demikian, walaupun kini lebih canggih, tapi tetap saja rem cakram pada kendaraan harus tetap rutin dicek agar tidak mengalami masalah seperti berdecit dan juga timbul bunyi 'kresek-kresek' saat direm. Lantas apa penyebabnya?

Menjawab hal itu, Mekanik Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Stanley Sibuea mengatakan, penyebab timbulnya bunyi berisik pada cakram rem akibat kotornya saluran pengereman kendaraan. "Itu karena kampas rem kotor akibat kena pasir atau pun banjir. Akibatnya rem tidak maksimal dan bisa merusak cakram nantinya," kata Stanley. 

Selain itu, Stanley menilai, timbulnya bunyi pada kendaraan saat direm akibat as roda depan tidak diberikan pelumas dan juga keausan. Cara menghilangkan suara decitan itu terbilang gampang. Salah satunya hanya dengan melumuri kampas dengan oli mesin atau gemuk.

"Awalnya memang licin setelah dikasih oli lagi, tapi lama kelamaan normal kok, asalkan jangan terlalu banyak."
Caranya tidak langsung asal melumuri kampas dengan oli. Lepas dahulu kampas rem dan bersihkan dengan kompresor. Jika tak ada kompresor bisa gunakan lap basah. Setelah itu, lumuri kampas rem dengan oli atau gemuk secukupnya sampai merata. Selanjutnya diamkan sejenak dalam waktu tiga sampai lima menit. 

Langkah berikutnya, bersihkan tiap sisinya sekaligus menempelkan kedua kampas seperti semula di mana sisi kampas saling berhadapan. Lakukan penggesekan keduanya untuk menghilangkan kotoran yang menempel. "Nanti, ketika warna oli berubah jadi hitam itu tandanya kotoran sudah terangkat. Kalau sudah bersihkan pakai lap sampai kering dan pasang lagi dengan tambahan oli baru," tuturnya.[viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Trik Sederhana Atasi Rem Motor Bunyi Berdecit

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top