Minggu, 27 September 2020 |
News Room

Transportasi Umum Kembali Beroperasi, PSBB Dinilai Tak Akan Berjalan Efektif

Kamis, 07 Mei 2020 | 18:53 WIB Dibaca: 412 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah dinilai tak akan berjalan efektif memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19), jika moda transportasi umum kembali beroperasi.

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah berujar hal itu cukup beralasan. Sebab, kerumunan orang jelas akan muncul sehingga aturan jaga jarak atau physical distancing akan sulit diterapkan.

"Iya jelas enggak akan efektif," kata Trubus.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan seluruh alat transportasi massal akan kembali beroperasi mulai hari ini meski ada larangan mudik.

Saat ini Kemenhub tengah menyiapkan aturan turunan yang memberikan relaksasi kepada masyarakat untuk bisa melakukan aktivitas menggunakan transportasi umum bukan dengan tujuan mudik pada 7 Mei 2020.

Menurut Trubus, adanya kebijakan tersebut membuat tantangan bagi pemerintah ke depan. Agar protokol kesehatan mulai dari physical distancing di dalam moda transportasi umum bisa tetap berjalan.

"Kemudian ini mampukah kita melaksanakan physical distancing dalam moda transportasi? Dan saya kira sangat berat karena bagaimana di situ mau duduknya membuat jarak satu meter tetap sangat sulit," ungkap Trubus.

"Karena efeknya, penumpang bisa saja banyak dan kalau penumpang yang banyak mau enggak mau akan naik. Apalagi transportasi jenis moda B seperti angkot," katanya menandaskan. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Transportasi Umum Kembali Beroperasi, PSBB Dinilai Tak Akan Berjalan Efektif
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top