Minggu, 17 Januari 2021 |
News Room

TPF PWI Mulai Selidiki Kasus Kematian Wartawan di Lapas

Rabu, 20 Jun 2018 | 23:32 WIB Dibaca: 658 Pengunjung

Tim Pencari Fakta Persatuan Wartawan Indonesia. [ist]*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Tim Pencari Fakta Persatuan Wartawan Indonesia (TPF PWI) mulai menyelidiki dan mencocokkan temuan di lapangan atas tewasnya seorang wartawan, M. Yusuf di Lapas Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Almarhum merupakan seorang wartawan yang ditangkap dan diajukan ke pengadilan atas pengaduan sebuah perusahaan perkebunan sawit milik konglomerat lokal, Andi Syamsuddin Arsyad atau lebih dikenal dengan nama Haji Isam atas dugaan pelanggaran UU ITE pada 5 April 2018.

“Dalam pertemuan tadi, saling mencocokkan beberapa fakta temuan anggota. Dari fakta- fakta itu kami sudah mulai menemukan fokus untuk dikonfirmasi dengan berbagai pihak,”  kata ketua TPF PWI Pusat, Ilham Bintang di Sekretariat PWI, Rabu (20/6/2018).

Ilham menjelaskan, TPF akan menyelisik seluruh prosedur dan mekanisme yang berhubungan dengan tewasnya M Yusuf, mulai dari pengaduan dan pemeriksan di Dewan Pers, Kepolisian, Kejaksaan sampai penahan serta kematiannya di Lapas.

"Dengan demikian, TPF akan mewawancarai seluruh narasasumber yang terkait dengan kasusnya secara independen. Kami nantinya akan mengambil kesimpulan dan memberikan rekomendasi yang objektif,” jelasnya.

Untuk diketahui, TPF terdiri dari sembilan orang, yakni Ilham Bintang sebagai Ketua, Marah Sakti Siregar sebagai Wakil Ketua dan Wina Armada Sukardi sebagai Sekretaris.

Sedangkan sebagai anggota, masing-masing diisi oleh Uni Lubis, Teguh Santosa, Firdaus, Zanal Helmy, Agus Sudibyo dan Gusti Rusdi Effendi.

Dalam rapat tersebut disepakati, dalam waktu dekat, TPF akan mewawancarai para narasumber, baik di Jakarta maupun di daerah termasuk dari kalangan pers, Pejabat Pemda, kepolisian, tokoh masyarakat dan para pengusaha yang namanya terkait dan hasilnya, akan dibawa untuk dibahas dalam rapat berikutnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Warga Tutup Akses Jalan Cibayawak
Jumat, 15 Jan 2021 | 14:14 WIB
Warga Tutup Akses Jalan Cibayawak
Patroli Gabungan oleh PPKM Kodim 0601/ Pandeglang
Kamis, 14 Jan 2021 | 13:13 WIB
Patroli Gabungan oleh PPKM Kodim 0601/ Pandeglang
KNKT Duga Sriwijaya Air Tak Meledak di Udara
Selasa, 12 Jan 2021 | 15:11 WIB
KNKT Duga Sriwijaya Air Tak Meledak di Udara

KOMENTAR

TPF PWI Mulai Selidiki Kasus Kematian Wartawan di Lapas
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top