Kamis, 19 Juli 2018 |
News Room

Tok! APBD Kota Tangerang 2018 Disahkan

Kamis, 30 Nov 2017 | 18:21 WIB Dibaca: 488 Pengunjung

Wali Kota Tangerang, Areif R Wismansyah dan Pimpinan DPRD Kota Tangerang saat menandatangani Raperda APBD Kota Tangerang di Ruang Rapat DPRD Kota Tangerang, Kamis (30/11/2017).*

TANGERANG, [NEWSmedia] - DPRD Kota Tangerang mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang tahun 2018 sebesar Rp3,56 Triliun.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismanyah menjelaskan, rancangan APBD tahun 2018 yaitu mencakup pendapatan daerah yang dianggarkan sebesar Rp3,51 triliun dan terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp1,59 triliun, dana perimbangan Rp1,39 triliun dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp571,55 miliar.

"Sedangkan belanja daerah dianggarkan sebesar Rp4,26 triliun. Itu terdiri dari belanja tidak langsung Rp1,50 triliun dan belanja langsung Rp2,76 triliun dengan demikian terdapat defisit sebesar Rp706,72 miliar yang di tutup dari pembiayaan netto. Anggaran itu akan digunakan untuk menangani enam urusan wajib dan 18 pelayanan dasar," kata Arief dalam Rapat Paripurna Persetujuan Bersama Raperda tentang APBD tahun 2018, di Ruang Rapat DPRD Kota Tangerang,  Kamis (30/11/2017).

Arief mengungkapkan, urusan tersebut, meliputi kegiatan-kegiatan pada tahun 2018, antara lain pelaksanaan program pendidikan untuk jenjang SD sampai dengan SMP,  Program cageur Jasa, dan membiayai iuran bagi masyarakat sebagai peserta penerima bantuan iuran (PBI).

"Program bedah rumah yang tidak layak huni sejumlah 2.000 rumah,  penanggulangan banjir,  pemeliharaan saluran drainase /gorong-gorong,  pembangunan embung dan bangunan penampung air lainnya, pemeliharaan pintu air, pelaksanaan normalisasi saluran sungai, rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi, pemeliharaan pompa dan diesel air,  rehabilitasi dan pemeliharaan bantaran dan tanggul sungai, pengadaan sarana dan prasarana pengendalian banjir,  pengerukan sungai/ kali, penyediaan sistem angkutan umum massal yang nyaman, terjadwal dengan tarif yang terjangkau, penyediaan fasilitas lalu lintas angkutan jalan yang memadai," ungkapnya.

Arief juga meminta, kepada seluruh OPD agar dapat melaksanakan program dan kegiatan yang telah ditetapkan dengan sebaik-baiknya, sehingga pelaksanaan pembangunan di Kota Tangerang dapat terus berjalan dengan baik.

“Segala apresiasi, catatan dana masukan dari DPRD akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi Pemkot Tangerang dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Tangerang,” tegasnya. [hms]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tok! APBD Kota Tangerang 2018 Disahkan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top