Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Gallery - Tekno

Tips untuk Cegah dan Hapus Ransomware Secara Gratis

Rabu, 26 Jul 2017 | 13:12 WIB Dibaca: 552 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ransomware merupakan jenis malware yang menguncifile Anda dan mengancam untuk menghapusnya atau mempublikasikan file Anda secara online hingga uang tebusannya dibayar.

Jika banyak orang yang mengetahui cara membuat ransomware, kemungkinan ada lebih banyak serangan ransomware. Berikut ini terdapat beberapa metode yang bisa dicoba untuk menghapus atau cegah ransomware tanpa bayar seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (26/7/2017).

1. Backup File Anda dan Pastikan Privasi
Orang cenderung membayar uang tebusan karena takut kehilangan arsip dan dokumen penting. Alangkah baiknya, jika Anda memiliki backup untuk file Anda. Anda bisa saja melakukan backup cloud atau mengkloning file Anda ke drive penyimpanan eksternal.

2. Cobalah Gunakan Antivirus
Jika Anda ingin memiliki keamanan terbaik, Anda harus berfokus untuk mendapatkan salah satu software AV terbaik yang dimaksudkan untuk meberikan pertahanan terbaik melawan serangan ransomware. Anda menginginkan sesuatu yang memiliki kemampuan deteksi berbasis perilaku, bisa mencegah modifikasi file dan mencegah akses file.

3. Hapus Ransomware
Ya, Anda bisa menghapus ransomware tanpa membayar sepeserpun. Mungkin tak demikian halnya untuk setiap jenis ransomware tapi sebagian besar kasus, Anda bisa mencoba menghapusnya. Bahkan jika Anda telah berhasil menghapus ransomware, selalu ada risiko kehilangan file.

Cara yang paling umum untuk menghapus ransomware adalah dengan melakukan restore system di Windows. Jika itu tak berhasil, Anda bisa memanfaatkan CD dari Bitdefender.

Sekadar informasi, beberapa waktu lalu dunia sempat digegerakan oleh kehadiran ransomware WannaCry yang menginfeksi ribuan komputer di seluruh dunia.

Disitat dari The Telegraph, Wanna Decryptor atau juga dikenal sebagai WannaCry atau wcry merupakan program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan pengguna hanya memiliki dua file, instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat software dibuka, komputer akan memberitahukan pengguna bahwa file mereka telah dienkripsi dan memberi waktu beberapa hari untuk membayar dengan memberi peringatan bahwa file akan dihapus. Sebagian besar perusahaan keamanan komputer memiliki alat deskripsi yang bisa melewati software.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips untuk Cegah dan Hapus Ransomware Secara Gratis

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top